Home » Perdana di Pangkalpinang! Beginilah Keseruan Adu Uri di SMP Santa Theresia

Perdana di Pangkalpinang! Beginilah Keseruan Adu Uri di SMP Santa Theresia

oleh Marcelina Sandra

Pangkalpinang, YTKNews.id — “Berbeda dengan zaman dulu, bermain gasing saat ini sudah sangat seru karena sekarang sudah ada sistem poin dan peraturan-peraturan yang resmi untuk menentukan juaranya.” ujar Florensius Kevin Arista, selaku ketua pelaksana lomba gasing tingkat SD se-Pangkalpinang yang diselenggarakan SMP Santa Theresia pada Rabu, 25 September yang lalu.

“Apalagi sekarang dinas sedang menggalakkan permainan tradisional ini dengan mengadakan pertandingan-pertandingan permainan tradisional tingkat daerah yang salah satunya pertandingan gasing.” tambahnya.

Selaras dengan tema yang diangkat yaitu “mengembangkan mutu pendidikan yang merujuk pada Kearifan Lokal”, SMP Santa Theresia mengadakan kompetisi gasing tingkat SD se-Pangkalpinang dengan kategori putera dan puteri adu uri. Istilah adu uri berasal dari bahasa melayu yang berarti adu lama. Agar dapat memenangkan pertandingan, para peserta lomba gasing perlu memutar gasingnya sedemikian rupa agar gasingnya dapat berputar lebih lama daripada gasing lawan. Kegiatan lomba ini diikuti oleh 38 peserta dari 9 sekolah yang berbeda, yakni SD Negeri 1, SD Negeri 2, SD Negeri 10, SD Negeri 11, SD Negeri 30, SD Negeri 51, SD Negeri 29, SD Negeri 46, dan SD Negeri 50.

moment peserta mengadu gasing

Pertandingan gasing yang pertama kalinya diadakan di Pangkalpinang ini dipimpin oleh tiga orang wasit. Salah satu wasit yang memimpin jalannya pertandingan adalah Datuk Agus yang namanya sudah tersohor karena telah memperkenalkan permainan gasing ini hingga ke Prancis.

“Kesan saya walaupun ini pertama kali diadakannya festival adu uri gasing tingkat pelajar SD sekota Pangkalpinang, acara ini dapat dinilai cukup sukses serta sarana dan prasana yang tersedia sangat bagus kesannya sudah berkelas Nasional dan saya berharap acara ini menjadi kelender tetap bagi SMP Santa Theresia.” ujar Datuk Agus ketika setelah pertandingan ditanya kesannya.

Pembagian piala dan hadiah ke para juara

Melalui pertandingan permainan tradisional khususnya pertandingan gasing ini pihak sekolah berharap dapat menarik banyak kaum muda untuk melestarikan kebudayaannya. Selain itu, dengan terselenggaranya acara ini juga harapannya banyak pihak yang ikut berpartisipasi dalam menyelenggarakan pertandingan-pertandingan permainan tradisional lainnya.

Kontributor: Alexander

Anda mungkin juga suka