Home » Mengajar dengan Kreatif dan Menyenangkan

Mengajar dengan Kreatif dan Menyenangkan

oleh admin

Jumat, 26 Juli 2016 menjadi hari istimewa bagi para guru pengajar bahasa Inggris di Sekolah Dasar (SD) Yos Sudarso – Batam. Pada hari ini ada 8 guru bahasa Inggris SD Yos Sudarso beserta Kepala Sekolah dan Wakil mendapatkan pembekalan perihal mengajar bahasa Inggris secara kreatif di dalam kelas. Materi pembekalan yang berbasis teknologi digital ini disampaikan dengan maksud untuk mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris di kelas.

Kegiatan pembekala ini dilakukan dalam kerja sama dengan Mentari Teachers Academy – sebuah group latihan dan pengembangan PT ASTA Ilmu Sukses. Menurut Ibu Irene Soerjanto – Pimpinan Pelatihan dan Pengembangan ini, kegiatan demikian ditawarkan untuk membantu para pendidik khususnya bahasa Inggris di SD agar dapat menyajikan materi pembelajaran di kelas dengan lebih maksimal dan menyenangkan.

Proses untuk sampai pada tahap ini antara lain, memahami kondisi peserta didik, menemukan tujuan pembelajaran, dan mancara cara yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan cara demikian, tutur bu Iren, aktivitas mengajar bahasa Inggris tidak lagi hanya sebatas menyampaikan grammar dengan benar, tetapi lebih dari itu membawa bahasa Inggris ke rana praktis yakni menjadikannya sebagai alat komunikasi yang dapat digunakan dengan baik dan benar.

Adapun karakter peserta didik di SD antara lain; aktif dan rasa ingin tahu yang kuat, belajar melalui interaksi sosial, belajar melalui panduan orang dewasa, belajar optimal dengan menggunakan panca indra, dan belajar melalui pengalaman sendiri. Kondisi demikian, menurut Iren akan sangat terbantu apabila para guru dapat menyampaikan materi dengan konteks yang tepat, bahasa yang sesuai aslinya, dan nuansa motivasi yang dapat memacu semangat anak.

Para peserta pelatihanpun dilibatkan sungguh-sungguh dalam kegiatan ini. Mereka ikut ambil bagian dalam pelatihan ini tidak hanya secara individual, tetapi juga secara kelompok. Kondisi demikian diharapkan akan dipraktikkan juga dalam proses belajar-mengajar bersama anak-anak di kelas. Dengan demikian anak juga tidak lagi hanya duduk mendenarkan dan kemudian bosan, tetapi ikut aktif berkegiatan dan mengalami langsung kegiatan pembelajaran di kelas.

Peserta pelatihanpun menyambut antusias program ini, dengan harapan akan ada tindak lanjut untuk meningkatkan kreativitas belajar di kelas teristimewa untuk peningkatan kualitas belajar mengajar bahasa Inggris di SD Yos Sudarso. Bu Iren – Kepala Pusat Pendidikan dan Pengembanga PT ASTA Ilmu Sukses juga menegaskan bahwa Lembaganya siap kapapun untuk memfasilitasi program pelatihan ini lebih lanjut sejauh ditanggapi positif oleh Sekolah dan Yayasan Tunas Karya di kemudian hari, demi pengembangan kualitas para guru dalam berkarya di bidang pendidikan. “Saya siap bertatap muka langsung untuk menjelaskan hasil pelaksanaan pelatihan ini dan membicarakan tindak lanjut yang perlu”, pungkasnya melalui email. (tim kreatif YTK)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.