Home » Mengenal Minat Bakat Siswa Siswi SMP Yos Sudarso Batam, Romo Samuel Diundang Untuk Beri Tes

Mengenal Minat Bakat Siswa Siswi SMP Yos Sudarso Batam, Romo Samuel Diundang Untuk Beri Tes

oleh humas YTK

Batam, YTKNews.id- Salah satu program pendampingan siswa dalam meraih prestasi masa depan adalah melalui tes penjurusan. Tes penjurusan bertujuan untuk memantau minat, karakteristik serta potensi anak dalam meraih masa depan ke jenjang pendidikan lebih lanjut atau bahkan pekerjaan yang diidam-idamkan. Tes penjurusan terdiri dari berbagai macam bentuk antara lain tes IQ, kepribadian, minat, bakat, dan lain sebagainya.

Pada tanggal 17 sampai 19 November 2021 yang lalu SMP Yos Sudarso Batam bekerjasama dengan RD. Servasius Samuel, S.Psi., M.Psi., Psikolog dan Lembaga Persona Psikologi Terapan Pangkal Pinang mengadakan tes penjurusan bagi siswa-siswi kelas IX.

Tes tersebut bertujuan untuk membantu siswa-siswi dalam memahami potensi diri, kemampuan diri, serta minat bakat pribadi demi kesiapan menghadapi jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Serangkaian tes tersebut juga bertujuan agar siswa mampu mengoptimalkan perkembangan dirinya demi prestasi yang diinginkan.

SMP Yos Sudarso dalam mewujudkan program tes penjurusan di atas merupakan bentuk fasilitas layanan kegiatan dan sudah diagendakan dalam program pengembangan sekolah. Tentunya dari program tersebut diharapkan mampu memberikan gambaran yang tepat bagi orang tua dan siswa dalam penentuan arah masa depan jenjang pendidikan yang lebih baik.

Tindaklanjut dari program kegiatan tes penjurusan yang diadakan sekolah adalah penjelasan hasil tes penjurusan oleh pihak Pimpinan Lembaga Persona Psikologi Terapan Pangkal Pinang yaitu RD. Servasius Samuel yang dilaksanakan pada Rabu, 27 Januari 2022. Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah orang tua siswa kelas IX, siswa-siswi kelas IX (kurang lebih 400 peserta)

Dalam pertemuan tersebut RD. Servasius Samuel selain menjelaskan secara rinci tentang hasil tes siswa-siswi SMP Yos Sudarso juga menyampaikan beberapa isu tentang tes penjurusan dilihat dari sisi negatif dan positifnya.

Dikatakannya dari sisi negatif bahwa adanya tes penjurusan menghilangkan kesempatan seseorang untuk bersaing dan beraktualisasi diri, melabel seseorang yang berdampak pada hilangnya motivasi untuk berusaha lebih baik, adanya bentuk pembatasan peluang seseorang dalam melangkah ke masa depan.

“Isu positif dari tes penjurusan adalah mampu menggerakkan orang lebih berkembang. Antara lain diagnosa permasalahan belajar, pemahaman secara ril atas kondisi seseorang yang sesungguhnya, adanya pemahaman komposisi kelompok baik individu atau kelas, serta untuk mengetahui bakat atau minat seseorang,” kata RD. Samuel.

Selain kegiatan diatas, pihak SMP Yos Sudarso juga mengadakan kerjasama dengan SMA Yos Sudarso dalam hal promosi sekolah SMA.

Kepala SMA Yos Sudarso, Sumiyati, S.Pd., dalam promosi sekolahnya menyampaikan tentang visi-misi sekolah, program pengembangan sekolah, pendampingan sekolah, prestasi sekolah serta SMA Yos Sudarso sebagai sekolah penggerak.

“Kami mengajak orang tua dan siswa untuk tidak ragu memilih SMA Yos Sudarso dalam pengembangan pendidikan lebih lanjut. Kualitas SMA Yos Sudarso sangat diperhitungkan masyarakat baik tingkat daerah, nasional maupun internasional dalam mutu layanan pendidikan. Pendekatan yang diupayakan banyak memberikan hasil yang maksimal bagi seluruh peserta didik guna meraih prestasi,” kata Sumiyati.

Kerjasama antara SMP Yos Sudarso, SMA Yos Sudarso serta Lembaga Persona Psikologi Terapan Pangkal Pinang merupakan bentuk kerjasama dalam pengembangan mutu pendidikan di lingkungan Yayasan Tunas Karya. Dengan kerjasama yang terjalin dengan baik maka kualitas layanan kepada siswa-siswi dan orang tua akan memuaskan.

Agus Sekti Susila Atmojo, M.Si.
Kepala SMP Yos Sudarso

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.