Home » Keren, Amoi kek Akhiw SMP St Maria Mentok Tampil di Capgomeh Pagoda Nusantara

Keren, Amoi kek Akhiw SMP St Maria Mentok Tampil di Capgomeh Pagoda Nusantara

oleh humas YTK

Amoy kek Akew…Jalan jalan

Bedue-due ningok cong rebut

Di kampong Rebu diadep Tepikong

Amoy kek Akew ngumong-ngumong

Muntok, YTKNews.id – Begitu dendang lagu Amoi kek Akew yang dinyanyikan tim band dari SMP Santa Maria Muntok di acara peresmian dan malam Capgomeh di Pagoda Nusantara, Sungailiat.

Acara ini dihadiri Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, dan digelar pada Selasa malam, 14 Februari 2022. Momen ini juga sekaligus menjadi perayaan peresmian kawasan wisata tersebut.

Lantas, tim band SMP Santa Maria Muntok pun tidak ketinggalan dalam acara berkelas itu. Pasalnya tim band yang bergabung dalam komunitas Heritage of Tionghoa Bangka berkesempatan tampil di acara ramah tamah.

Tim band SMP Santa Maria Muntok hadir membawakan tembang-tembang  bertemakan peranakan Tionghoa Bangka Belitung. Lagu-lagu yang dibawakan antara lain lagu Imlek Dajia Gongxi, lagu Hakka Bangka Kon Hiaw Sang, Puteri Tionghoa dan Amoi kek Akhiw.

Awalnya panitia acara melihat penampilan yang dibawakan oleh siswa dan guru-guru SD dan SMP Santa Maria tersebut di channel Youtube. Hongky Lie, salah satu koordinator acara merasa tertarik dengan lagu Mandarin yang dibawakan oleh tim SMP Santa Maria dengan nuansa dambus Melayu Bangka Belitung.

“Perpaduan budaya, harmoni, semangat kebersamaan dan kearifan lokal ingin kita tunjukkan dalam penampilan ini. Tidak banyak grup musik yang menghadirkan tema musik demikian di Bangka Belitung, “ ujar Suwito Wu, Ketua Heritage of Tionghoa Bangka, sekaligus guru Mandarin di SD-SMP Santa Maria Muntok.

“Kami merasa bangga karena bisa dipercaya sebagai satu-satunya pengisi acara hiburan musik di acara peresmian Pagoda Nusantara dan Capgomeh ini,” pungkas Suwito yang juga pengajar Bahasa Mandarin di SD dan SMP St Maria ini. (Wu)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.