Home » Siswa SMP St Maria Mentok Adakan Kegiatan Mirip KKN Mahasiswa, Demi Apa Sih?

Siswa SMP St Maria Mentok Adakan Kegiatan Mirip KKN Mahasiswa, Demi Apa Sih?

oleh humas YTK

Muntok, YTKNews.id – Ternyata di SMP Santa Maria Muntok, Bangka Barat, juga terjadi kegiatan yang boleh disebut “Studi Sosial Budaya” atau mirip Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas. Hal itu terjadi demi memberikan pengalaman belajar nyata bagi peserta didik SMP Santa Maria.

Kegiatan itu terjadi tatkala mereka mengadakan karya wisata ke Desa Kundi. Desa ini, terletak di Kecamatan Simpang Teritip, Bangka Barat. Kegiatan itu, diikuti oleh 52 siswa kelas 8A & 8B, dan diadakan pada hari Senin, 7 Februari 2022.

Thomas Radiyo,S.E. selaku guru mata pelajaran IPS mengatakan kegiatan ini dilakukan karena banyaknya peserta didik yang tidak mengetahui daerah seputar Bangka Barat.

“Saya prihatin karena banyak peserta didik yang tidak tahu tempat-tempat di seputar Bangka Barat, tutur Thomas. Bahkan, menurut Thomas lagi, pada saat ia memberikan contoh tentang hubungan ekonomi antar ruang, tempat lain di luar Bangka lah justru diketahui.

“Menjadi miris, ketika mereka tahu tentang daerah di luar Pulau Bangka, tetapi tidak tahu daerah sendiri,” imbuh Thomas.

Dalam kegiatan ini peserta didik diminta untuk mewawancarai para nelayan dan pengumpul hasil laut tentang pengolahan dan pemasaran produk bahari. Melalui wawancara tersebut diharapkan peserta didik memiliki gambaran tentang hubungan antar ruang dalam bidang ekonomi.

Selain meneliti masalah ekonomi, dalam kunjungan ini peserta didik juga diajak untuk mengunjungi dan mempelajari situs budaya di Desa Kundi seperti pohon Kundi dan ikon budaya Batu Belah Batu Betangkup. Dengan demikian kegiatan ini mencakupi multi bidang seperti IPS, bahasa Indonesia, dan IPA.

Lebih lanjut Letisia Pare,S.Pd. , kepala SMP Santa Maria menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini.

“Saya berharap kegiatan yang sejalan dengan kurikulum prototype ini dapat memberikan pengalaman yang berbeda kepada peserta didik, dan memotivasi mereka untuk lebih mengenal kekayaan bahari Bangka Barat,” ujar Letisia.

Reporter : Diyo

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.