Home » SMA Yos Sudarso Batam Bentuk Generasi Siap Masuk Perguruan Tinggi Maupun Dunia Kerja

SMA Yos Sudarso Batam Bentuk Generasi Siap Masuk Perguruan Tinggi Maupun Dunia Kerja

oleh humas YTK

Batam, YTKNews.id – SMA Katolik Yos Sudarso Batam merupakan salah satu sekolah swasta favorit milik Yayasan Tunas Karya (YTK) yang ada di Pulau Batam Propinsi Kepulauan Riau. Sekolah yang sudah berdiri sejak tahun 1991 dan sudah banyak menuai prestasi dalam bidang prestasi akademik maupun non akademik.

Selain dikenal sebagai salah satu sekolah berprestasi di Kepri, SMA Katolik Yos Sudarso Juga sebagai sekolah yang berintegritas, hal ini karena didukung oleh berbagai kegiatan yang dapat menunjang pembentukkan karakter peserta didik. Retret merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki sekolah yang berada sekomplek dengan SMP Yos Sudarso tersebut.

Retret memiliki beberapa makna yang berkaitan, pada umumnya berupa gagasan untuk sementara waktu menjauhkan diri sendiri dari lingkungan kesehariannya. Juga dapat berarti sebuah periode pengalaman menyendiri atau pengalaman mengasingkan diri bersama dengan sebuah kelompok atau komunitas. Disana para peserta akan berbagi rasa dan pengalaman hidup mereka masing.

Tahun ini tim pastoral sekolah mengusung sebuah tema retret ‘Menggali Kekuatan Baru Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik’.

Kegiatan diikuti oleh siswa kelas XII berjumlah 326 orang, didampingi 9 wali kelas dan 3 orang tim pastoral. Retret dilaksanakan di rumah Retret Batam Oase  Centre Tj. Piayu, Kec. Sei Beduk Kota Batam, Kepulauan Riau dari tanggal 12-22 Maret 2022, dan dilaksanakan secara tatap muka dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Sebelum kegiatan dimulai, para peserta harus menjalani tes antigen untuk memastikan bahwa negatif dari covid-19. Rangkaian agenda kegiatan yang selalu diawali dengan doa, kemudian dilanjutkan dengan pendampingan penguatan karakter yang disertai permainan untuk melatih kekompakan dan kepekaan terhadap orang lain diharapkan dapat diikuti dan dipetik maknanya oleh para siswa.

Kepala SMA Yos Sudarso, Sumiyati,S.Pd mengatakan per hari hanya diperuntukkan untuk satu kelas saja, hal ini dilakukan agar menghindari kerumunan dan pelanggaran terhadap protokol kesehatan. Jadi 9 kelas dibagi dalam 9 hari kegiatan.

“Saya berharap dengan retret tahun ini siswa-siswi kelas XII bisa membekali diri dengan baik untuk masuk ke jenjang pendidikan tinggi dan juga dunia kerja. Sebagai akhir dari implementasi kegiatan ini, siswa diminta untuk melakukan refleksi diri selama 14 hari dan mengirimkan hasil tersebut di ruang tugas yang telah disiapkan oleh wali kelasnya masing-masing,” ujar Sumiyati, Rabu (16/03/22).

Hal ini bertujuan untuk memantau dan mendampingi para siswa agar konsisten terhadap niat dan perubahan baik yang ingin mereka lakukan, dan ini merupakan salah satu tugas akhir dari para siswa kelas XII tersebut. nys

Reporter : Tim Jurnalistik SMA Yos Sudarso

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.