Home » SMP St Hilarius Parittiga ‘Open House’

SMP St Hilarius Parittiga ‘Open House’

oleh humas YTK

Parittiga, YTKNews.id – Membangun hubungan baik antara sekolah dan masyarakat memang menjadi prioritas bagi sekolah-sekolah Yayasan Tunas Karya (YTK), khususnya di wilayah Parittiga. Terbukti pada Sabtu, 12 Maret 2022 SMP Hilarius boleh dikatakan menggelar acara open house dengan mengundang orang tua siswa.

Kegembiraan acara keluarga tersebut juga dirasakan para peserta didik SMP favorit di Parittiga tersebut. Pasalnya, meski waktu baru menunjukan pukul 07.00 WIB namun anak-anak sudah berkumpul menyiapkan sajian makanan dan minuman yang nanti akan dicicipi orang tua.

Sesuai dengan arahan dari wali kelas masing-masing, seluruh siswa yang terbagi dalam kelompok, membagi tugas di antara mereka agar tiap siswa berperan aktif dalam menyiapkan hidangan yang akan mereka sajikan.

“Kami merasa senang dengan adanya kegiatan masak-masak untuk orangtua ini. So excited,” ujar Abigail Natalie Chiaryant, salah satu siswi kelas 7A.

Menu yang disiapkan hari itu adalah menu sederhana berupa nasi goreng dan minuman. Namun, setiap kelompok diberi kebebasan untuk menyajikannya sesuai dengan kreatifitas mereka. Ada yang menyajikan di atas piring seperti masakan rumahan, sebagian menggunakan tempat khusus hingga terlihat seperti menu rice bowl restoran terkenal, bahkan ada yang menghias seperti hidangan buatan koki hotel bintang lima.

Dua jam kemudian kegiatan masak-masak selesai dan orangtua tampak mulai berdatangan. Setelah mengarahkan para orangtua untuk duduk di tempat yang telah disediakan, siswa siswi  segera menghidangkan menu yang sudah mereka siapkan untuk para papa dan mama.

seketika suasana haru dan bangga menyelimuti setiap kelas. Tampak beberapa orangtua bertepuk tangan dan tersenyum, ada yang terharu dan berkaca-kaca. Ada pula yang segera memeluk dan memangku anaknya.

Kepala SMP St Hilarius, Dika Restyan Sari, S.Si mengatakan bahwa biasanya kegiatan parenting diadakan dengan mengundang narasumber dan orangtua hanya mendengarkan materi. Namun pada kegiatan parenting kali ini dilakukan sedikit berbeda yaitu langsung dilaksanakan melalui praktik kepada siswa dan orangtua

“Kegiatan parenting kali ini bermaksud mempererat ikatan antara orangtua dan anak. Ini juga menyampaikan pelajaran kehidupan kepada siswa mengenai makna kepatuhan, pelayanan, ungkapan terima kasih dan cinta kasih anak kepada orangtua,” tutur Dika.

Dika menekankan bahwa orangtua telah mengasihi anaknya dari kecil hingga sekarang dan dewasa nanti. Di SMP St. Hilarius Parittiga, tidak hanya fokus pada pentingnya materi pelajaran akademik semata.

“Di sekolah ini juga juga menekankan pentingnya kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) yang harus menyertai kecerdasan intelektual (IQ). Salah satu cara kami mengajarkannya kepada anak-anak adalah melalui kegiatan parenting seperti hari ini,” tambah Dika lagi.

Hermanus Talar, S.S sebagai pembina OSIS mengatakan, melalui kegiatan parenting kali ini terlihat rasa cinta, kemandirian, dan tanggung jawab seluruh siswa

“Anak-anak terlihat semangat sekali untuk menunjukkan rasa cinta mereka kepada orangtua. Bahkan mereka bisa mandiri dan bertanggung jawab mengerjakan tugas seperti yang terlihat dari hidangan yang mereka sajikan,” kata Herman.

“Saya bangga kepada anak-anak ini. Bukan hanya masakannya enak, tapi cara mereka melayani hari ini membuat Saya terharu. Saya senang anak-anak diajarkan untuk bisa menunjukkan bahwa mereka berbakti kepada orangtua,” kata salah satu orang tua siswa. nys

Reporter : Sinta Safitri

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.