Home » Hasil Tidak Mengkhianati Proses, Ada “Power of Ibu-Ibu” di Balik Akreditasi SD Maria Goretti

Hasil Tidak Mengkhianati Proses, Ada “Power of Ibu-Ibu” di Balik Akreditasi SD Maria Goretti

oleh humas YTK

Sungailiat, YTKNews.id – Tak henti-hentinya sekolah di bawah naungan Yayasan Tunas Karya mengukir prestasi yang sangat berpengaruh terhadap mutu pendidikan. Setelah dihebohkan dengan prestasi yang datang dari salah satu sekolah katolik terbaik di Belinyu, ternyata kini angin berhembus ke daerah Sungailiat.

Luar biasa, satu-satunya sekolah katolik jenjang SD yang di naungi Yayasan Tunas Karya (YTK) di Sungailiat ini, yaitu SD Maria Goretti berhasil memperoleh hasil akreditasi predikat A dengan nilai 93.

Visitasi akreditasi yang berlangsung pada 8-9 Agustus 2022 kemarin, ternyata memberikan hasil yang sangat menakjubkan. Walau sudah menjadi rahasia umum bahwa SD Maria Goretti terakreditasi A sejak 2017 lalu, namun untuk mempertahankan dan memperoleh nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya membuktikan bahwa sekolah ini terus mengusahakan yang terbaik dalam mengembangkan mutu pendidikan.

Maria Veronika, S.H. selaku kepala SD Maria Goretti terlihat meneteskan air mata haru setelah mendapat kabar hasil akreditasi tersebut. “Puji Tuhan, luar biasa. Semua ini berkat usaha dan kolaborasi yang baik dari tim hebat SD Maria Goretti” sahutnya.sambil meneteskan air mata haru.

“Hasil tidak mengkhianati proses,” begitulah biasanya pepatah yang sering didengar. Segala usaha dalam mempersiapkan akreditasi sekolah ini dilakukan dengan efektif dan melibatkan berbagai unsur penting.

Mulai dari pendampingan dari pengawas sekolah, BPMP, bahkan BAN-SM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta membentuk kelompok kerja yang didasari dari 4 komponen akreditasi dimana setiap komponen dikomandoi oleh seorang koordinator yang berkolaborasi dengan timnya.

Dalam proses itu, Komponen Mutu Kelulusan diperiksa oleh Destry Fajar Windarani, S.Pd. Lalu Komponen Proses Pembelajaran diperiksa oleh Rona Uli, S.Kom. Sedangkan Komponen Mutu Guru diperiksa oleh Revita Andy Hapsari, S.Pd dan Komponen Manajemen Sekolah diperiksa oleh Dewi Susanti, A.Md.Pust.

Menurut Maria Veronika, keberhasilan itu karena kerja tim para pendidik dan tenaga kependidikan. “Keberhasilan akreditasi ini juga, tak lepas dari peran serta dan dukungan dari seluruh peserta didik, para komite sekolah, paguyuban orang tua, serta tokoh masyarakat di sekitar lingkungan Maria Goretti,” tandas Kepala SD Maria Veronika .

“Kami mengucapkan banyak terimakasih untuk seluruh peserta didik, para komite sekolah, paguyuban orang tua, serta Bapak RT di Maria Goretti yang sudah memberi dukungan dan berpartisipasi dalam akreditasi sekolah ini”, tambah Maria.

Dalam hal itu juga, Magdalena, S.T, yang merupakan salah satu guru model pada saat visitasi hari kedua, menyampaikan perasaan syukurnya atas hasil akreditasi yang diterima. “Saya lega sekali, usaha kita membuahkan hasil yang terbaik. Setelah lebih sebulan menunggu kepastian dari kerja keras bersama rekan-rekan kemarin,” sahutnya.

Saat akditasi itu meniadi hari yang luar biasa bagi SD St Maria Goreti, pasalnya, saat penutupan visitasi akreditasi para asesor sudah menyampaikan pujian dan apresiasinya terhadap sekolah SD Maria Goretti.

“Setelah dua hari melakukan visitasi dalam akreditasi ini, kami dapat mengatakan bahwa SD Maria Goretti sangat baik dalam pengembangan mutu pendidikan. Di luar administrasi yang dipersiapkan dengan baik, terlihat juga terbentuknya kerja sama yang luar biasa dengan pihak eksternal ini, kalau kami bilang “the power of ibu-ibu” ya luar biasa peran sertanya” kata salah satu asesor yang dipanggil dengan sebutan Pak Bambang Birkuata itu. (sfn)

Penulis : Fristy

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.