Home » Kepala Sekolah dan Guru TK St Maria Jadi Guru Dalam Workshop IKM

Kepala Sekolah dan Guru TK St Maria Jadi Guru Dalam Workshop IKM

oleh humas YTK

Muntok, YTKNews.id—Ada berita menarik yang datang dari TK Santa Maria Muntok. Sebagai  sekolah penggerak jenjang TK angkatan 1, sekolah milik Yayasan Tunas Karya (YTK) ini  ditunjuk menjadi fasilitator dalam  workshop Implementasi Kurikulum Merdeka.

Workshop  ini diadakan oleh Pusat Kegiatan  Gugus “ Permata Hati “ kecamatan Muntok. Dalam kegiatan  itu, tercatat 83 orang peserta. Bahkan kegiatam ini pun dihadiri oleh Kabid PAUD Dikmas Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat,  dan  pengurus PKG kecamatan Muntok.

PKG itu sendiri merupakan wadah antar gugus PAUD yang melaksamakan kegiatan pembinaan bagi  gugus PAUD dalam area terdekat di wilayah kecamatan.

Workshop dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 16–17 September 2022. Kegiatan dibuka oleh Kabid PAUD Dikmas Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Bangka Barat, Sufidra, S.Pd.

Ketua panitia sekaligus Ketua PKG Permata Hati, Sumarni, S.Pd.AUD dalam kata sambutannya mengucapkan terimakasih atas kesediaan Kepala Sekolah dan guru TK Santa Maria untuk  menjadi fasilitator dalam kegiatan workshop tersebut.

Ia juga berharap, kegiatan ini bisa berkesinambungan dalam kegiatan PKG selanjutnya. Supaya, kata Sumarni, semua PAUD di kecamatan Muntok dapat melaksanakan IKM di tahun pelajaran mendatang.

Kegiatan workshop  selama dua hari tersebut  diisi oleh Sumiyati, S.Pd , Devita Bestari Pasaribu, S.Pd dan Restu Hutasoit, S.Pd. Kepala Sekolah dan dua guru TK St Maria itu memberikan materi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, Modul Ajar, Asesmen dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Metode kegiatan ini pun terhitung tidak monoton. Pasalnya workshop dilaksanakan  berselang–seling antara pemberian materi, dan pemberian tugas seperti menganalisis karakteristik lingkungan belajar, menyusun tujuan pembelajaran,  dan modul ajar.

Selain itu, kegiatan ini pun menjadi seru karena juga diselingi dengan ice breaking. Ice breaking itu begitu menarik, sehingga peserta tetap bersemangat mengikuti kegiatan sampai selesai.

Jadi Narasumber, Beginilah Komentar Kepala TK St Maria

Ternyata Kepala Sekolah TK St Maria merasa senang bisa berbagi ilmu. “Kesan saya  sangat senang bisa berbagi  ilmu dan  pengalaman selama satu tahun mengimplementasikan kurikulum merdeka,” ungkap Kepala TK St Maria Muntok, Theresia Sumiyati, S.Pd melalui pesan WhatsApp, Selasa 27 September 2022.

Hal itu, kata Sumiyati, menjadi pengalaman pertama menjadi pemateri tunggal  dalam kegiatan workshop. “Ada dua guru, Devita Bestari Pasaribu dan Restu Hutasoit, sebagai fasilitator,” ungkap Kepala TK St Maria Muntok.

Ternyata, menurut Sumiyati, Devita dan Restu adalah dua guru yang tergabung dalam dewan komite pembelajaran. “Sehingga kami bertiga menjadi satu tim dalam pemberi materi workshop tersebut,” imbuh Theresia Sumiyati,

Sambutan yang sangat baik dari peserta juga membuat kepala sekolah dan tim merasa  senang. “Peserta  sangat aktif dalam mengerjakan tugas mandiri yang diberikan. bahkan setelah kegiatan pun masih ada peserta yang aktif bertanya tentangg IKM  tersebut,” pungkas Kepala Sekolah TK St Maria. (sfn)

Berfoto bersama peserta workshop dan narasumber

Berfoto bersama peserta workshop dan narasumber

Reporter  : Theresia & Fadli

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.