Home » 2 Kegiatan Ini Dilakukan Komunitas SMK Tunas Karya, Saat ke Pulau Seribu Pura

2 Kegiatan Ini Dilakukan Komunitas SMK Tunas Karya, Saat ke Pulau Seribu Pura

oleh humas YTK

Pangkalpinang, YTKNews.id—Ketika matahari baru terlihat samar di ufuk timur, hari itu, Rabu, 12 Oktober 2022. guru dan  karyawan SMK Tunas Karya yang berjumlah 19 orang tampak bergegas  dengan koper dan tas ke Bandara Depati Amir, bandara satu-satunya di Bangka Belitung.  Ternyata, rombongan akan bertolak ke Pulau Bali, Pulau Seribu Pura dengan agenda rekoleksi dan studi banding ke salah satu SMK swasta terbaik di Denpasar Bali.

Setelah menempuh perjalanan selama 2,5 jam dari Pangkalpinang , baru pada pukul 15.14 WITA rombongan tiba di Bali. Waktunya molor 1 jam dari yang direncanakan, karena pesawat delay. Selesai mengemas barang-barang bawaan, rombongan menuju Fave Hotel yang berlokasi di Seminyak.

Sejenak beristirahat, rombongan memulai acara pertama hari itu dengan rekoleksi guru dan karyawan. Sebagai fasilitator dan narasumber dalam  rekoleksi ini adalah  Pastor Herman Yosef Beby, pastor Paroki Katedral Denpasar Bali.

Dalam rekoleksi yang dimulai pukul 17.00 WITA, para peserta kompak mengenakan seragam warna putih. Tak tampak wajah lelah setelah melakukan perjalanan jauh, para peserta rekoleksi kelihatan berseri-seri dan antusias.

Romo Beby, ini, ternyata adalah  guru dari RD Ludgerus Oke sewaktu di seminari. Mengawali rekoleksi dengan memberi tugas kepada para peserta untuk menulis identitas dan menjawab  beberapa pertanyaan yang harus ditulis  dengan tangan kiri.  Tampak sedikit kesulitan karena tidak terbiasa menulis dengan tangan kiri, tetapi  sebenarnya makna  dari hal tersebut adalah  untuk membawa peserta keluar dari rutinitas.

Dalam rekoleksi yang bertema “Kebersamaan  yang Berbuah” ini, peserta diajak Romo Beby untuk  berefleksi bahwa kebersamaan yang berbuah adalah  kebersaman  dengan Tuhan yang dilandasi iman, kebersamaan dengan sesama manusia yang dilandasi sikap saling menghormati dan menghargai, dan kebersamaan dengan diri sendiri.

Para peserta tampak aktif dalam rekoleksi ini. Meski dibawakan dengan santai dan penuh  canda, acara rekoleksi yang berlangsung selama 1,5 jam ini mampu  memberikan pencerahan kepada para peserta tentang arti penting dari kebersamaan. “Hal penting adalah selalu menjaga kekompakan dalam lembaga, bahwa kita akan berhasil jika mampu berkolaborasi dengan Tuhan dan sesama,” tandas Romo Beby.

Untuk meneguhkan para peserta, rekoleksi diakhiri dengan Misa Kudus dipersembahkan oleh Romo Beby, Romo Beby ini, selain sebagai Pastor Paroki Katedral Denpasar, ia juga adalah Ketua Komisi Kompsos Denpasar Pangdsenang juga rekan dari RD. Yosef Anting Patimura, pastor rekan Paroki Katedral St. Yosef Pangkalpinang.

Peserta rekoleksi terlihat serius mengikuti sesi

Peserta rekoleksi terlihat serius mengikuti sesi

Hari Studi Banding

Keesokan hari, tanggal 13 Oktober 2022, dengan diantar tour guide, guru karyawan mengunjungi salah satu SMK swasta terbaik di Bali yaitu SMK TI Bali Global yang berlokasi di Denpasar. Mengenakan seragam resmi Yayasan Tunas Karya, batik warna kuning, guru karyawan SMK Tunas Karya diterima Kepala  SMK TI Bali Global di ruang laboratorium Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak  yang   nyaman. “Selamat datang di SMK TI Bali Global Denpasar, senang mendapatkan  kunjungan dari SMK Tunas Karya,” demikian ucap Bp. Drs.  I Gusti Made Murjana, M. Pd., Kepala SMK TI Bali Global Denpasar mengawali sambutannya.

Selanjutnya kepala sekolah yang akrab disapa Pak Made  ini memperkenalkan staff nya dan memaparkan semua hal yang terkait dengan SMK TI Global, mulai dari jurusan, jumlah dan kondisi peserta didik  serta prestasi yang telah diraih. Selesai dengan paparan, Kepala SMK dengan seribu dua ratusan peserta didik ini memberikan kesempatan kepada para kepala jurusan untuk memberikan penjelasan terkait jurusan yang ada di SMK TI Bali Global Denpasar.

Salah satunya adalah  Kepala Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak yang telah membuat film animasi Panji Semirang, bahkan sudah mengadakan acara  launching yang dihadiri mantan Mendiknas Bapak  Wardiman dan  unsur pejabat  pemprov Bali. Selesai  acara seremonial penyambutan, giliran kepala SMK  Tunas Karya menyampaikan sambutannya. Diawali dengan memperkenalkan guru karyawan yang turut berkunjung, Pak Warjo, sapaan akrab Kepala SMK Tunas Karya ini menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari keluarga SMK TI Bali Global, memaparkan jurusan, kondisi peserta didik serta berbagai hal mengenai SMK Tunas Karya. Tidak lupa juga, Kepala SMK dalam naungan Yayasan Tunas Karya ini menyampaikan undangan kepada SMK TI Bali Global untuk berkunjung ke Pangkalpinang.

Pada akhir acara, dilanjutkan  dengan saling bertukar cindera mata. Selanjutnya, rombongan meninjau langsung laboratorium semua jurusan dan unit produksinya, sambil bertanya jawab dan bertukar informasi.  Kunjungan diakhiri dengan berfoto bersama di halaman depan sekolah.

Selepas kunjungan ke SMK TI Bali Global, rombongan SMK Tunas Karya menuju kawasan Tanah Lot dan Bedugul untuk kembali memupuk  kebersamaan  sesuai tema rekoleksi dalam kegiatan  eduwisata. Selain dua destinasi wisata tersebut, hari ketiga dilanjutkan menuju kawasan Nusa Penida, satu  jam perjalanan laut dengan  speed boat. *(nys)*

Penulis : Lukas Parjiyo

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.