Home » Menarik! SD Santa Maria Muntok Belajar Bahasa Mandarin di Kelenteng

Menarik! SD Santa Maria Muntok Belajar Bahasa Mandarin di Kelenteng

oleh Redaktur Ytknews

Muntok, YTKNews.id–-Pengalaman belajar di luar kelas didapatkan siswa SD Santa Maria Muntok lewat kegiatan Mandarin Club. Kegiatan ini tergolong menarik. Karena kegiatan pembelajaran Bahasa Mandarin ini, tidak tanggung-tanggung, tempat belajarnya langsung di Kelenteng.

Pada 14 November 2022, Guru bersama siswa melakukan kembali melakukan kegiatan tour cagar budaya di kelenteng tertua di Bangka Belitung yakni Kong Fuk Miaw.

Mereka belajar Mandarin di Kelenteng

Pada kegiatan ini, siswa dibantu untuk mengenal ornamen khas Tionghoa serta filosofinya. Selain itu, Laoshi Mandarin juga menjelaskan sajak-sajak beraksara Tionghoa yang ada pada papan kuplet atau slogan di kelenteng yang sudah berusia 202 tahun itu. Kegiatan ini tak hanya diminati anak-anak Tionghoa saja, tetapi juga diikuti dengan antusias anak-anak dari berbagai etnis.

Selain mendengarkan penjelasan tur, siswa juga diberi kesempatan menuliskan kembali papan sajak di area kelenteng serta menggambar bangunan kelenteng atau ornamen yang ada.

“Siswa senang ketika tahu akan melakukan kegiatan di luar sekolah. Mereka sangat antusias dan menanti kegiatan ekskul Mandarin Club ini. Bahkan mengusulkan untuk rutin berkegiatan di luar kelas. Tentu mereka mendapatkan pengalaman berbeda serta belajar langusng ke lokasi,” ujar Suwito, Guru Mandarin SD Santa Maria Muntok. (sfn)

Reporter : Suwito

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.