Home » Melihat dari Dekat Pesta Demokrasi SMP St Yosef Belinyu, Beberapa Waktu Lalu

Melihat dari Dekat Pesta Demokrasi SMP St Yosef Belinyu, Beberapa Waktu Lalu

oleh Redaktur Ytknews

YTKNews.id—Beberapa waktu silam, di SMP St Yosef Belinyu, terjadi sebuah peristiwa, yang dalam perspektif tertentu disebut Pesta Demokrasi. Pesta demokrasi ala SMP Katolik satu-satunya di Belinyu ini, terungkap dalam pemilihan Ketua OSIS.

Di setiap sekolah, OSIS  menjadi wadah organisasi siswa yang sah. Tak heran, setiap sekolah membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Sehingga, secara fungsional, OSIS bermanfaat unsur yang bisa ambil bagian atau membantu sekolah untuk memajukan sekolah tersebut.

Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan, khususnya dibidang pembinaan kesiswaan, arti yang terkandung lebih jauh dalam pengertian OSIS adalah sebagai salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, di samping ketiga jalur yang lain yaitu: latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, dan wawasan Wiyatamandala. Apabila OSIS dipandang sebagai suatu sistem, berarti OSIS sebagai tempat kehidupan berkelompok siswa yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini OSIS dipandang sebagai suatu sistem, di mana sekumpulan para siswa mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan suatu organisasi yang mampu mencapai tujuan.

Cahaya baru datang kembali di SMP Santo Yosef, tepat di tanggal 17 Oktober 2022 dilaksanakan pemilihan Ketua OSIS baru periode 2022/2023, dimana Calon ketua OSIS dan wakilnya di isi oleh 3 pasangan yaitu Paslon 1 : Jovan Oinardi & Audrey lexia Zhou, Paslon 2 : Elysa Fiorenza & Dennis, Paslon 3 : Patricia evellyn & Jefri Darmawan, Para Paslon datang dengan Visi – misi yang sudah mereka gagas sebelumnya.

Pemilihan dilaksanakan dengan luber (Langsung, umum, bebas, dan rahasia) para peserta didik dibariskan di lapangan utama SMP Santo Yosef, di bagi per kelas. Setiap peserta didik berhak memberikan suaranya kepada Para Paslon (satu) yang ia pilih, dengan visi misi yang paling cocok di hati para pemilih, Dimana visi misi dari setiap Paslon sudah di sosialisasikan sebelumnya.

Hasil membuktikan, setelah selesai pemilihan secara demokratis, secara mutlak suara terbanyak jatuh kepada Paslon 1, (Jovan dan Audrey) dengan perolehan suara sebanyak 62 suara, Paslon 2 (Elysia dan Dennis 44 suara dan Paslon 3 (Patricia dan Jefri) 19 suara.

Dengan visi misi : Menjadikan pribadi yang unggul berkarakter, adaptif dan inovatif sebagai tauladan peserta didik di SMP Santo Yosef dan siap untuk memajukan Sekolah, serta Misi : Berperan aktif dalam kepentingan sekolah, perkembangan dan kemajuan sekolah, penyumbang dan penampungan ide dan gagasan dalam perencanaan kegiatan sekolah demi kemajuan SMP Santo Yosef dan akan menciptakan suasana belajar SMP Santo Yosef yang kompetitif, menjadi pemikat bagi peserta didik untuk memilih nya.

“Kami berterimakasih kepada semua teman-teman yang sudah memilih kami dan menaruh kepercayaan dan harapan nya kepada kami untuk memajukan bersama SMP Santo Yosef ini, kami harap teman-teman semuanya harus ikut Andil untuk memajukan SMP Santo Yosef lebih lagi, kami Ketua/wakil dan anggota OSIS hanya saluran dan sebagai wadah kita bersama untuk kemajuan sekolah kita” Ucap Jovan ketua OSIS yang baru terpilih. (red)

Penulis: Zimmi Idaman Sitepu, S.Pd (Humas Sekolah)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.