Home » Di SD Santa Maria Mentok, Para Murid Menyulap Barang Bekas Menjadi Barang Berkelas

Di SD Santa Maria Mentok, Para Murid Menyulap Barang Bekas Menjadi Barang Berkelas

oleh Redaktur Ytknews

Muntok, YTKNews.id—Melanjutkan program pengolahan sampah menjadi barang tepat guna, SD Santa Maria Mentok kembali mengadakan aksi nyata terhadap pelestarian lingkungan. Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang  diadakan pada 10 Februari 2023 lalu tersebut diikuti oleh 115 siswa kelas 4 dan 5.

Proses kegiatan meliputi beberapa tahap. Sebelumnya para murid telah mendapatkan sosialisasi tentang keadaan bumi, tingkat pencemaran, langkah nyata untuk melestarikan lingkungan dan sebagainya. Selanjutnya, murid juga mendapatkan tutorial langsung tentang pemanfaatan beberapa barang bekas agar tidak menjadi sampah dengan menjadikannya barang berguna.

“SD Santa Maria ingin konsisten mendidik anak-anak agar peduli terhadap lingkungan saat ini. Selain itu, kegiatan ini tentu mengasah kreatifitas dan inovasi siswa dalam mencari ide untuk menciptakan barang berguna dari bahan barang bekas,” ujar Maria Susanti, kepala SD Santa Maria.

Program P5 ini berkolaborasi dengan orang tua murid. Dalam kegiatan tutorial pembuatan, orang tua menjadi narasumber untuk pembuatan bunga dari kain bekas. Beberapa siswa laki-laki mengikuti sesi membuat kreasi pot bunga dari galon dan botol air mineral.

Sebelumnya di semester 1, SD Santa Maria telah mengajak siswa memilah sampah dari rumah dan mengolah sampah organic menjadi ecoenzym. Kegiatan tersebut juga berkolaborasi dengan pihak lain seperti orang tua dan komunitas.

“P5 di SD Santa Maria Mentok di semester ini menekankan bagaimana gaya hidup berkelanjutan. Anak-anak dapat belajar bekerja sama dan berkolaborasi untuk berkreasi dan berinovasi,” pungkas Maria Susanti. (sfn)

Penulis : Suwito

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.