Home » Istimewa! Rekoleksi Siswa-siswi Kelas VI SD Santa Agnes Belinyu Berlangsung di Lokasi Gua Maria Belinyu

Istimewa! Rekoleksi Siswa-siswi Kelas VI SD Santa Agnes Belinyu Berlangsung di Lokasi Gua Maria Belinyu

oleh Kordianus Nodin

Rekoleksi adalah Khalwat pendek selama beberapa hari. Khalwat adalah pengasingan diri untuk menenangkan pikiran atau mencari ketenangan batin (KBBI edisi keempat). Rekoleksi juga merupakan salah satu upaya untuk melatih hidup rohani dan menumbuhkan rasa ingin berubah kea rah yang lebih baik.

Hari ini, Sabtu 6 Mei 2023, SD Santa Agnes belinyu mengadakan rekoleksi iman bagi siswa-siswi kelas 6. Rekoleksi diadakan di Gua Maria Belinyu. Peserta yang berjumlah 44 orang ini merupakan siswa-siswa SD Santa Agnes di bawah naungan Yayasan Tunas Karya. Rekoleksi kali ini ditujukan kepada murid kelas 6 dengan maksud dan tujuan untuk membangun motivasi mereka yang akan  menghadapi ujian akhir sekolah dan menyadarkan akan tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan masa belajar di sekolah dasar. Dengan maksud dan tujuan ini, murid tidak hanya dipersiapkan secara kognitif namun juga dibekali dengan kemampuan afektif dan kerohanian. Dengan bekal kognitif, afektif, dan kerohanian ini, SD Santa Agnes berusaha mewujudkan harapan Yayasan untuk mengarahkan murid-muridnya menjadi pribadi yang memiliki kompetensi tinggi (competence), berkarakter dan memiliki hati nurani yang benar (conscience), hingga dikemudian hari memiliki kepedulian sosial (compassion).

Kegiatan ini diawali dengan renungan pagi yang dipandu oleh Frater Edmundus Stefan Nicolas Suban atau yang akrab di sapa Fr. Ifan. Beliau mengutip satu peribahasa yang berbunyi “ Repetitio est mater studiorum” yang artinya pengulangan adalah inti dari sebuah pelajaran.  Belajar tidak bisa dipisahkan dengan pengulangan-pengulangan itu sendiri. Seorang siswa bisa meraih keberhasilan dalam belajar apabila mau mengulang terus setiap pembelajaran yang pernah diterima dari luar. Ujar Frater Ifan yang di kenal sangat ramah ini

Di akhir renungan, Frater Ifan juga memberikan perumpamaan tentang talenta yang dikutip dari ayat Alkitab. Beliau mengatakan bahwa setiap anak memiliki talenta yang harus dikembangkan. Para siswa pun diminta untuk menulis hal-hal positif yang ada dalam diri mereka  supaya mereka mengetahui talenta masing-masing. Tutup Frater Ifan yang berasal dari Kefamenanu NTT ini.

Anak-anak kelas 6 mengikuti rekoleksi sampai selesai dengan antusias dan semangat, terlebih kegiatan rekoleksi ini diselingi dengan permainan yang seru, kreatif, dan menarik yang diberikan oleh frater dan guru pendamping. Acara dilanjutkan dengan makan bersama. Di akhir kegiatan ini, rekoleksi ditutup dengan doa oleh Bapak Ngatimin, wali kelas 6B.

Ibu Ida Hastuti, S.Pd dan Bapak Ngatimin selaku guru kelas 6 SD Santa Agnes Belinyu mengungkapkan harapannya dengan adanya rekoleksi ini murid-murid bisa lebih semangat belajar dan semakin sadar bahwa ujian akhir adalah tonggak perjuangan selama 6 tahun belajar di sekolah dasar untuk dilanjutkan pada jenjang berikutnya. Pembelajaran kognitif, afektif dan kerohanian memberikan bekal bagi murid untuk melanjutkan jenjang di sekolah menengah pertama yang mereka impikan. Kiranya kegiatan rekoleksi ini bukan menjadi kegiatan yang berlalu sia-sia, namun menjadi kegiatan yang bermakna bagi anak-anak dan pemacu untuk terus semangat dalam meraih mimpi. (^^^)

Reporter : Kordianus Nordin

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.