Home » Peletakan Batu Pertama, Sejarah Baru SD Yos Sudarso III Batam Telah Dimulai

Peletakan Batu Pertama, Sejarah Baru SD Yos Sudarso III Batam Telah Dimulai

oleh Redaktur Ytknews

Batam, YTKNews.id—Sejarah baru seolah berpihak pada Sekolah Yos Sudarso III, Tanjung Uncang Batuaji, Batam. Ungkapan serta ekspresi kegembiraan terlihat berseri-seri di wajah para Guru, Kepala Sekolah dan team pembebasan lahan yang akan dibangun menjadi Sekolah Yos Sudarso III. Tiga tahun berusaha merelokasi warga yang berada di lokasi yang akan dibangun oleh Yayasan Tunas Karya akhirnya terjawab sudah.

Hari ini, Selasa, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2023, Ketua Pengurus Yayasan Tunas Karya (YTK) resmi melekatkan Batu Perdana. Peristiwa itu menandakan dimulainya pembangunan Gedung SD Yos Sudarso III. Pasalnya, peristiwa yang baru terjadi di Hardiknas tahun 2023, sesungguhnya telah direncanakan bertahun-tahun, sebelumnya, tetapi di sana sini masih ada hal yang menghambat.

Ketua YTK RD Servasius Samuel, S.Psi, M. Psi bersama Anggota Pengurus YTK, Siprianus, S.Ag, tiba di lokasi Peletakan Batu di Kompleks Bintang Industri, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batuaji, Kota Batam. Hadir pula pada kesempatan ini adalah para Kepala Sekolah Yayasan di Kota Batam, Para Tim Pembebasan Lahan, serta Ibu Ketua RW setempat, Guru-guru dan Komite Sekolah serta pihak kontraktor yang akan membangun Gedung Sekolah.

Ketua YTK pimpin ibadat peletakan batu pertama
Kepsek SD Yos Sudarso 3, pihak kedua yg meletakan batu pertama

Ketua YTK memimpin ibadat peletakan batu pertamaProsesi Peletakan Batu Perdana Sekolah diawali dengan Ibadat Sabda yang dipimpin langsung Oleh RD Samuel tepat pukul 15.00 WIB. Beralaskan lumpur dan tanah yang becek karena lokasi tersebut sempat diguyur hujan dan beratapkan tenda sederhana, namun pesan RD Samuel dalam renungan singkat sungguh menggugah para pendengarnya seolah bahwa kita sekarang tidak sedang berada pada kenyataan yang begitu sederhana.

“Anak-anak yang berada, hadir dan belajar di Sekolah Ruko, berdesak-desakan berhimpitan, berantrian untuk ke toilet, ruangan kelas yang belum memenuhi syarat dan meskipun demikian antusiasme Pendaftaran Siswa Baru yang terus mengalami trend positif, membuat Yayasan berusaha membangun Gedung sekolah yang lebih menyenangkan bagi peserta Didik,” ujar Ketua YTK.

Kehadiran kita di sini, kata Romo Samuel, karena di tempat ini tidak lain dan tidak bukan kerena keberadaan anak- anak yang berjumlah tiga ratusan agar mereka mendapat tempat belajar yang nyaman. “Dan niat ini sudah sejak lama sejak 10 tahun lalu, ketika Yos Sudarso III masih berinduk dengan Sekolah St. Ignatius Loyola Rempang,” imbuh Romo yang juga Psikolog itu .

Siprianus S.Ag di anatara para kepsek YTK di Batam

RD Samuel memaparkan bahwa relokasi lahan ini bukan untuk mengusir warga di sini, namun merelokasi ke tempat yang baru secara lebih manusiawi, inilah alasan bahwa kita membutuhkan komunikasi yang terus-menerus dengan warga setempat.

Hadir juga pada kesempatan ini Ibu RW. Lantas, atas nama Yayasan, RD Samuel mengungkapkan terima kasih atas kerjasama untuk membangun Gedung Sekolah demi anak-anak, juga anak-anak di sekitar lokasi ini. Terima Kasih juga kepada Team Pembebasan Lahan yang diketuai oleh Bapak Marianus dan kawan-kawan yang berjuang siang malam untuk bernegosiasi dengan warga setempat.

Kepada Para Guru yang akan bertugas di Sekolah Yos Sudarso III ini, RD Samuel berpesan agar menjaga kekompakan dengan warga setempat, mengaja keharmonisan agar kita menjadi tanda kebaikan bagi warga sekitar.

Sementara itu Marianus Sihotang, S.Fil, selaku Kepada Sekolah dan sekaligus Ketua Tim Pembebasan Lahan mengungkapkan Terima Kasih yang berlimpah kepada Pengurus Yayasan yang selalu mendukung team pembebasan lahan yang sering mengalami kendala di lapangan.

“Dukungan dan support dari Yayasan akhirnya dapat membuahkan hasil yang pada hari ini kita semua berkumpul di sini untuk melekatkan Batu Perdana,” ungkap Marianus.

Lahan SD Yos Sudarso 3
para guru & pegawai SD Yos 3 bersukacita

Sebagai Kepala Sekolah, dia selalu diingatkan oleh Dinas Pendidikan bahwa segera memiliki gedung sekolah yang lebih nyaman, tidak lagi menggunakan sekolah ruko. “Hari ini saya senang dan bahagia, karena sejarah baru sekolah Yos Sudarso III telah diletakkan batu Pembangunan,” ungkap Marianus yang pernah menjabat sebagai wakil kepala sekolah SMA Yos Sudarso Batam ini.

Wakil Ketua Komite Sekolah, Selis, seorang tokoh masyarakat di Taroka, yang turut hadir, menyampaikannya terima kasih kepada Yayasan yang membangun sekolah yang menjadi kerinduan anak-anak dan orang tua. “Harapan kita, dengan adanya gedung yang baru, pelayanan pendidikan kepada anak-anak lebih baik dan optimal dan tentunya orang semakin banyak yang menyekolahkan anaknya di Sekolah Yos Sudarso III in,” pungkas Selis. (sfn)

Reproter : Yohanes Bosco Sea

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.