Home » Makna Hari Pendidikan Nasional 2023 di Mata Guru dan Siswa-Siswi SD Santa Agnes

Makna Hari Pendidikan Nasional 2023 di Mata Guru dan Siswa-Siswi SD Santa Agnes

oleh Kordianus Nodin

Belinyu YTKNews.id-Hari ini 2 Mei 2023 adalah Hari Pendidikan Nasional. Hari ini adalah hari bersejarah dalam sistem pendidikan nasional.

Tanggal 2 Mei bertepatan juga dengan peringatan hari lahir Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara adalah tokoh pahlawan nasional yang menjadi menteri pendidikan pertama Indonesia.

Atas jasa-jasanya, Presiden RI Soekarno menetapkan Ki Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI Nomor 305 Tahun 1959 tertanggal 28 November 1959.

Bersamaan itu pula, hari lahir Ki Hajar Dewantara diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

Tidak mau melewatkan momen yang sangat bersejarah ini, siswa-siswi SD Santa Agnespun melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya kegiatan literasi dengan bacaan hari pendidikan, menggambar dengan tema Hari Pendidikan Nasional.

Yang menarik dari kegiatan memperingati Hari Pendidikan Nasional di SD Santa Agnes ini adalah ketika saya melakukan wawancara dengan beberapa siswa/i dan salah satu guru senior. Sebut saja mereka adalah Elvira Tanuwijaya Kelas IV, Cherrise Daurila Kelas VI dan Ibu Ida Hastuti, S.Pd

Makna Hari Pendidikan Nasiona Menurut Ibu Ida Hastuti, S.Pd atau yang akrab di sapa ibu Ida.  “Pendidikan itu sangat penting karena melekat dalam kehidupan kita dan prosesnya berlangsung sepanjang hayat. Pendidikan yang berkualitas otomatis akan menghasilkan SDM yang unggul. Bagaimanapun juga, kemajuan bangsa dapat dilihat dari kemajuan pendidikannya,” kata Ida

Ida menambahkan pemilihan tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional mengacu pada hari lahir Ki Hajar Dewantara yaitu pada tanggal 2 Mei 1989. “Pada saat itu beliau membuka akses pendidikan bagi seluruh rakyat melalui pendirian Taman siswa di Yogyakarta,” ujar mantan Guru SD Margot ini.

“Bukan hanya dari kalangan atas dan asli Belanda saja yang boleh bersekolah namun semua rakyat Indonesia dari berbagai kalanganpun dapat mengenyam pendidikan,” tutup Ida

Berikut, makna Hari Pendidikan Menurut Cherrise Daurila atau yang Akrab disapa Cherrise. Menurut Cherrise Pendidikan sangat penting untuk kepentingan perkembangan diri bagi kelangsungan hidup manusia. Kata siswa Kelas VI a ini

Makna Hari Pendidikan Nasional Menurut Elvira Tanuwijaya atau yang akrab di sapa Elvira. Menurut Elvira makna Hari Pendidikan Nasional yaitu mendorong para pelajar untuk semangat belajar mencontohkan semangat Ki Hajar Dewantara dalam mencerdaskan bangsa dan meneruskan semgat perjuangan para pahlawan khususnya dalam bidang Pendidikan dan ikut berkontribusi dalam mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Kata Elvira siswa Kelas IV ini. (***)

Reporter : Kordianus Nordin

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.