Home » Pendidikan Menjadi Sarana Berprestasi dan Berkarakter, Begini Makna Pendidikan Menurut Guru dan Siswa SD Maria Goretti

Pendidikan Menjadi Sarana Berprestasi dan Berkarakter, Begini Makna Pendidikan Menurut Guru dan Siswa SD Maria Goretti

oleh Fristy Yasinta Tarigan

Sungailiat, YTKNews.id— Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei bertepatan dengan kelahiran seorang Pahlawan Nasional, yaitu Ki Hajar Dewantara, yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Hal ini menjadi kesempatan untuk melihat bagaimana pendidikan menjadi sangat penting bagi setiap orang.

Dengan semboyannya yang paling terkenal adalah “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangungkarso, Tut Wuri Handayani” yang artinya “Di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, di belakang memberi dorongan”.

Dalam kesempatan ini, tim humas SD Maria Goretti mewawancarai seorang guru yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia pendidikan dan beberapa peserta didik yang unggul dan berprestasi di berbagai bidang.

Amertasari Sumitomo, SP.d,SD, seorang guru yang telah mengabdi selama 12 tahun di Yayasan Tunas Karya di SD Maria Goretti ini mengatakan bahwa baginya menjadi guru adalah menjadi orang tua kedua bagi para murid.

“Saya sangat senang mengajar di SD, walau penuh tantangan karena perkembangan zaman mempengaruhi kondisi anak baik minat, pengetahuan, dan perkembangan awal anak, tapi menjadi motivasi saya untuk menjadi orang tua bagi mereka” tutur guru yang sering dipanggil ibu Sari itu.

Selain itu menurutnya pendidikan merupakan proses pembelajaran dan pembentukan karakter anak. “Pendidikan itu proses pembelajaran yaitu mendidik dan mengajar, baik pengetahuan, keterampilan, dan pembentukan karakter, dan menggali bakat anak, dan pembelajaran ini berkelanjutan baik di sekolah bersama guru dan bersama orang tua.

Ia berharap melalui pendidikan peserta didik tak hanya menjadi pandai dan cerdas, namun juga memiliki karakter yang baik dan peduli terhadap sesama dan lingkungan.

Di sisi lain, pandangan beberapa peserta didik terhadap pendidikan sangat bervariasi menurut pengalaman mereka masing-masing.

siswa berprestasi SD Maria Goretti

Menurut tiga serangkai yang telah membawa harum Keuskupan Pangkalpinang dalam Lomba Cerdas Cermat Rohani (CCR) Pesparani di Kupang tahun 2022 kemarin, yaitu Gresia Audreylia, Anastasia Cristabela, dan Serafina Xaviera bahwa Pendidikan adalah jalan menjadi pribadi yang cerdas dan berkarakter.

“Melalui pendidikan saya bisa belajar dan memperoleh banyak ilmu dan membuat saya menjadi pribadi yang disiplin dan bertanggungjawab” ujar serafina.

“Pendidikan adalah hal terpenting yang akan membawa kita kepada kesuksesan” sahut gresia.

Selain itu menurut Auliana Gisella Marbun dan Rey Felix yang berbakat dalam seni suara dan dance itu, pendidikan adalah suatu wadah untuk mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki setiap orang.

“Dengan pendidikan, kita bisa belajar banyak hal, bukan hanya pengetahuan saja, tapi juga menyalurkan hobi dan menggali bakat yang kita miliki” tutur Gisel.

“Pendidikan membantu kita mendapatkan sesuatu bakat yang tidak kita ketahui sebelumnya, membuat kita menyukainya dan mengusahakan kita menjadi pribadi yang dewasa dan disiplin” kata Rey felix. (sfn)

Reporter: Fristy Yasinta Tarigan

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.