Home » Melalui MPLS, SD Maria Goretti Ciptakan Lingkungan Belajar yang Asik

Melalui MPLS, SD Maria Goretti Ciptakan Lingkungan Belajar yang Asik

oleh Redaktur Ytknews

Sungailiat, YTKNews.id—Pagi itu langit gelap dan rinai hujan menghiasi Kota Sungailiat. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat siswa-siswi SD Maria Goretti untuk datang ke sekolah. Pagi itu adalah hari pertama bagi mereka di tahun pelajaran baru. Terlihat berbagai macam ekspresi di wajah siswa-siswi ini. Ada senyuman ceria saat berjumpa dengan teman sekelasnya. Ada pula yang tampak bingung mencari kelas barunya.

Siswa-siswi dikumpulkan di aula SD Maria Goretti untuk melaksanakan apel pagi dengan kegiatan inti yaitu perkenalan guru bagi siswa-siswi kelas satu dan pengumuman wali kelas untuk masing-masing kelas. Momen ini cukup mendebarkan bagi anak-anak untuk mengetahui siapa yang akan menjadi wali kelas mereka.

Selesai apel, siswa-siswi menuju ke kelas masing-masing didampingi para wali kelas dan memulai kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Ada yang berbeda dari kegiatan MPLS SD Maria Goretti tahun ini. Kali ini kegiatan MPLS dilaksanakan lebih panjang dari biasanya yaitu selama satu minggu.

Maria Veronika, S.H selaku kepala sekolah SD Maria Goretti menyatakan bahwa kegiatan MPLS benar-benar mempersiapkan siswa-siswi untuk mengenal dan mencintai sekolah mereka. “MPLS ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa-siswi agar bisa berprestasi dan belajar dengan penuh gembira tetapi tetap harus mandiri dan bertanggung jawab” tutur Maria.

Selain itu ia menambahkan bahwa selama satu minggu ini tidak ada guru yang mengisinya dengan materi pelajaran. “Kita ciptakan kegiatan MPLS yang menumbuhkan rasa nyaman bagi para peserta didik, terlebih peserta didik baru. Sehingga diharapkan proses belajar nantinya dapat terlaksana dengan maksimal serta mencapai hasil terbaik” kata Maria.

kegiatan MPLS siswa-siswi kelas 1

Kegiatan MPLS di SD Maria Goretti diisi dengan berbagai macam kegiatan, antara lain pengenalan lingkungan sekitar khususnya bagi anak-anak kelas satu, permainan edukatif yang meningkatkan keterampilan sosial peserta didik, video-video yang menekankan pada pendidikan karakter serta berbagai macam tepuk untuk menyemangati proses belajar di kelas. Selain itu, dilaksanakan juga sosialisasi kurikulum merdeka kepada para orang tua siswa kelas satu.

Di hari terakhir MPLS, siswa-siswi kelas satu dibagikan snack dengan harapan agar mereka bersemangat untuk kembali dan belajar lagi ke sekolah di hari-hari berikutnya. (In)

Kontributor : Anggita Kristi Siwi, S.Pd

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.