Home » Ketika Anak SD, SMP dan Guru TK Menjadi 1 Kelas

Ketika Anak SD, SMP dan Guru TK Menjadi 1 Kelas

oleh Suwito

Mentok, YTKNews,id—Masih dalam semarak Kemerdekaan ke-78 RI, pekik kata Merdeka sudah sering terdengar. Belakangan di dunia pendidikan, kata merdeka disandingkan dengan kata belajar. Merdeka Belajar adalah gaung untuk mewujudkan pendidikan yang menyenangkan dan sesuai kebutuhan peserta didik tanpa ada batasan.

Memaknai kemerdekaan sekaligus perwujudan Merdeka Belajar, 19 Agustus 2023, tim Humas dan Promosi Komunitas Sekolah YTK di Mentok (TK,SD, SMP Santa Maria) mengadakan pelatihan kilat “Kelas Jurnalistik”. Jika biasanya belajar terbatas di ruang kelas, kali ini pelatihan diadakan di ruang terbuka yakni Pal 2 Café Mentok. Narasumbernya pun bukan guru yang biasa. Datang langsung dari Pangkalpinang yakni Pimpinan Redaksi Ytknews.id sekaligus anggota pengurus Yayasan Tunas Karya, RD.Stefanus Tomeng Kelen, M.I.Kom.

Pelatihan langsung diberikan oleh Romo Stafanus dan dimoderatori oleh Suwito, Korwil Mentok Ytknews.id

Dengan peserta dari anggota Krucil SD Santa Maria sebanyak 15 orang, klub jurnalistik SMP Santa Maria 5 orang serta kepala sekolah dan guru Humas TK Santa Maria, menambah nuansa yang berbeda dalam pelatihan ini.
“Ini adalah hal yang menarik, unik dan tidak ada di tempat lain. Bahwa di SD Santa Maria ada jurnalis ciliknya. Dan hari ini pelatihan kita mempertemukan siswa SD, SMP dan guru dalam 1 kelas. Sangat unik!” tandas Romo Stefanus yang juga ditemani staf Humas YTK, Novi.

Setelah pelatihan, para peserta juga melakukan praktik langsung wawancara dan menulis berita dalam kelompoknya. Menurut Koordinator Wilayah Mentok Ytknews.id, Suwito, kegiatan ini hendak memaksimalkan tim reporter dan kontributor Ytknews.id untuk mengeksplorasi tentang Sekolah Santa Maria Mentok.
“Mudah-mudahan bisa terealisasi kita akan rutin mengadakan kelas jurnalistik seperti ini dengan narasumber yang beragam atau secara mandiri, dan kita bertemu bersama antara anak SD, SMP dan guru dari TK Santa Maria,” harap Suwito. (Suw)

Reporter: Meigi

Editor: Suwito)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.