Home » Pimred YTKNews Jadi Guru Sehari di Mentok

Pimred YTKNews Jadi Guru Sehari di Mentok

oleh Suwito

Mentok-YTKNews.id. Tepat 2 hari setelah menyambut kemerdekaan RI yang ke 78, keluarga besar Santa Maria Muntok kadatangan tim Humas Yayasan Tunas Karya dari Pangkalpinang. Hal ini bukanlah suatu kebetulan, 3 jam perjalanan mereka ke ujung barat Pulau Bangka secara khusus untuk membekali keluarga besar Humas dan reporter YTKnews.id di Santa Maria Muntok mengenai Ilmu Jurnalistik.

Kegiatan tersebut tidak diadakan di sekolah, melainkan di Kafe Pal 2 dengan suasana yang menarik dan berbeda dari biasanya. Seluruh anggota keluarga besar baik dari TK, SD, dan SMP Santa Maria hadir dalam kegiatan tersebut untuk menerima materi yang disuguhkan. RD. Stefanus Tomeng Kelen, M. I. Kom. anggota pengurus YTK sekaligus pimpinan redaksi YTKNews.id berbagi tips dan kiat menulis berita kepada guru Humas dan siswa yang tergabung dalam kelompok jurnalistik.

Mereka mempraktikkan langsung menulis berita

Romo Diosesan Pangkalpinang, yang pernah menjadi jurnalis di DPR RI dan Media Indonesia itu mengajarkan secara bertahap bagaimana cara membuat berita yang baik. Setelah memberikan materi, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membuat berita tentang kegiatan hari itu. Berita yang dibuat dibacakan lalu dievaluasi langsung oleh Romo Tomeng.

“Saya merasa senang dan tertantang bisa mengajari anak anak tentang ilmu jurnalistik ini. Walaupun ilmu jurnalistik sudah jadul dan tidak terlalu terkenal di kalangan peserta didik, saya tetap melihat keaktifan dan bakat luar biasa mereka melalui respon mereka. Jadi saya juga bisa mengajar sesuai harapan dan bisa mengenalkan teknik dasar menulis kepada anak anak,” tandas Romo yang juga Anggota Pengurus Yayasan Tunas Karya (YTK) itu.

Kegiatan ini menjadi inspirasi untuk peserta didik dan tim Humas untuk lebih kreatif mengangkat hal-hal positif di sekolah.

Reporter: Jocelyn, Malvin, dkk.

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.