Home » Sang Doktor Sastra Mandarin dari Tirai Bambu Ini Melepas Rindu di Almamaternya di Mentok

Sang Doktor Sastra Mandarin dari Tirai Bambu Ini Melepas Rindu di Almamaternya di Mentok

oleh Suwito

“Saya sering bermimpi masa saya bersekolah di sini. Bermain di aula, berjalan bersama teman di koridor sekolah,” Kenang Sugiato saat singgah ke almamaternya, SD Santa Maria Mentok, pada 9 Agustus 2023 lalu.

Sugiato Lim, B. Lit., MTCSOL., Ph.D saat ini merupakan dosen aktif di Guangxi Minzu University, TIongkok, adalah alumni TK, SD, SMP Santa Maria Mentok angkatan 2005 (lulus SMP Santa Maria pada 2005). Sugiato yang akrab dipanggil Kiet-kiet ini mendapatkan beasiswa S1,S2, dan S3 Bahasa dan Sastra Mandarin dari Pemerintah Republik Tiongkok. Pemuda kelahiran Mentok, Juli 1988 ini memiliki sederet prestasi akademik selama kuliah di negeri tirai bambu itu. Bakat dan kecerdasannya sudah nampak sejak ia bersekolah di Santa Maria Mentok.

“Selama sekolah, Sugiato ini termasuk siswa yang cerdas dan disiplin. Kesuksesannya bisa menjadi inspirasi untuk adik-adik angkatan saat ini,” kenang Donaria, Guru SD Santa Maria Mentok yang juga pernah mengajar Sugiato.

“Kiet Kiet ini dikenal sebagai teman yang sangat supel. Dia sangat rendah hati dan berteman dengan siapa saja,” ujar Ruth Okloisa, teman seangkatannya, yang juga seorang guru di SD Santa Maria Mentok.

Sugiato (nomor 3 dari kiri) Mengunjungi Almaternya di SD Santa Maria Mentok, didampingi guru Mandarin, Kepala Sekolah, Alumni, dan Guru

Penerima Beasiswa S2 Confucius Institute 2010-2012 dan Pemerintah Tiongkok 2017-2021 itu pernah meraih juara 1 pidato Mandarin Kejuaraan Sirindhorn Cup Chinese Bridge se-ASEAN. Ia juga pernah meraih Best Teaching Award tahun akademi 2013/2014 Sastra China Binus University.

“Terima kasih pada Sekolah Santa Maria yang telah mengajarkan tidak hanya akademik, tetapi juga kekeluargaan, toleransi, dan aspek humanitis lainnya untuk membentuk pribadi yang kompeten,” tandas Sugiato.

Ia juga ikut senang melihat perubahan Santa Maria yang semakin penuh warna yang senantiasa membawa keceriaan. Peraih Outstanding Graduate S1 Beijing Language and Culture University 2010 dan Best Graduate S3 Beijing Language and Culture University 2021 itu masih lancar menyebutkan nama guru-gurunya yang mengajar selama menempuh pendidikan di sekolah favorit di Mentok tersebut.

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.