Home » Kegiatan P5 SD Karya Tekankan Toleransi Beragama

Kegiatan P5 SD Karya Tekankan Toleransi Beragama

oleh Redaktur Ytknews

Toboali, YTKnews,id—Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah kegiatan rutin yang harus di lakukan oleh sekolah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mempelajari isu-isu penting di sekitar.

Dengan mengambil Tema Bhineka Tunggal Ika proyek yang berjudul “Aku mengenal dan menghargai keberagaman Agama” dilakukan selama 2 hari yakni pada hari Senin-Selasa, 30-31 Oktober 2023.Tujuan dari kegiatan ini adalah siswa dapat mengetahui pengetahuan tentang agama-agama yang ada di sekitar mereka agar tercipta rasa toleransi umat beragama sejak dini.

Kegiatan yang dilakukan yakni kunjungan ke tempat-tempat ibadah.Tempat-tempat ibadah yang dikunjungi adalah Masjid, Gereja, Klenteng dan Vihara. Di tempat-tempat ibadah ini siswa diajak untuk mengenal masing-masing agama lebih dekat yakni dengan mengenal tata acara ibadah dan bagian-bagian penting dari rumah ibadah itu sendiri.

Para siswa yang mengikuti kegiatan ini yakni kelas 1, kelas 2, kelas 3 dan kelas 4 terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Beberapa siswa bahkan mengaku bahwa kegiatan ini menjadi kali pertama  untuk mereka datang ke tempat ibadah lain selain agama yang mereka anut. Perasaan senang dan rasa ingin tahu yang tinggi meliputi mereka saat pertama kali ke tempat ibadah tersebut.

Para pemuka agama yang ditemui di tempat-tempat ibadah pun merasa senang dengan adanya kegiatan ini. Mereka berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan agar menciptakan generasi yang kuat akan rasa toleransi umat beragama.

Para orang tua turut terlibat dalam proses kelancaran kegiatan P5. Beberapa saran yang membangun turut dilontarkan dari beberapa orang tua.Salah satu orang tua juga memberikan pernyataan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan positif yang harus dilakukan dalam jangka panjang. (***)

Reporter : Anges Angel

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.