Home » SMA Yos Sudarso Batam Gelar Rekoleksi Tahunan, Membangun Karakter Muda yang Bertanggungjawab dan Berintegritas

SMA Yos Sudarso Batam Gelar Rekoleksi Tahunan, Membangun Karakter Muda yang Bertanggungjawab dan Berintegritas

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id- Pada tanggal 6 Oktober 2023, SMAK Yos Sudarso Batam kembali menggelar acara rekoleksi tahunan sebagai bagian integral dari program pendidikan, dimana kegiatan ini bertujuan untuk memberikan siswa kesempatan untuk merefleksikan perjalanan mereka di pertengahan semester. Acara ini menjadi momen penting yang diisi dengan kegiatan spiritual, pembinaan karakter, dan penguatan nilai-nilai kehidupan.

Tema rekoleksi kelas X dan XI yang diusung kali ini adalah “Membangun Karakter Muda yang Mandiri, Kreatif, dan Bertanggung Jawab.” Agenda ini didesain untuk mengajak siswa-siswa SMAK Yos Sudarso Batam untuk melihat kembali nilai-nilai, kebijaksanaan, dan komitmen yang diperlukan dalam memperkuat karakter pribadi serta kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar.

Sesi refleksi bersama wali kelas

Dalam wawancara eksklusif, Kepala SMAK Yos Sudarso Batam, Sumiyati menjelaskan, “Kegiatan rekoleksi tahun ini dijalankan serentak pada minggu yang seiring dengan retret kelas XII sehingga semua guru bisa fokus pada program pendampingan ke siswa. Kami berharap kegiatan ini dapat memperkuat komitmen siswa dalam pengembangan karakter serta spiritualitas mereka.”

Mengenai tujuan kegiatan, Pak Prananta, salah satu tim pastoral SMAK Yos Sudarso Batam menyatakan, “Kegiatan rekoleksi ini bertujuan untuk menanamkan keimanan, ketaqwaan, serta nilai-nilai budi pekerti yang luhur kepada siswa. Kami ingin mempersiapkan mereka agar menjadi individu yang berintelektual, berreligius, dan bertanggung jawab, serta membentuk karakter mulia yang tercermin dalam perilaku sehari-hari.”

Rekoleksi di Gor SMAKYS

Kegiatan ini berlangsung di Palm Spring, Nongsa untuk para siswa kelas X, sedangkan untuk kelas XI berlangsung di lingkungan sekolah Yos Sudarso Batam. Meski berbeda tempat rekoleksi namun para siswa tetap dibimbing oleh para rohaniawan dan tim pastoral sekolah. Kedua lokasi yang tenang dan alami ini memberikan suasana yang mendukung bagi siswa untuk merenung, berdiskusi, serta memperdalam pemahaman spiritual mereka.

Para narasumber, Sr. Tiar SSCC dan Sr. Natalia SSCC, memberikan wawasan yang berharga bagi siswa, membantu mereka memahami nilai-nilai yang diperlukan untuk tumbuh menjadi individu yang lebih baik.

“Kegiatan rekoleksi kemarin seru sih, ada materi tentang manajemen waktu, dari materi itu saya mulai mengubah sedikit diri saya dari hal kecil seperti manajemen waktu, saya mulai bisa mengatasi tugas-tugas yang tertinggal” begitu tanggapan Yosafat Aldo, siswa kelas 10 saat diminta tanggapannya tentang rekoleksi lalu.

Selain tema utama menjadi fokus, kegiatan rekoleksi juga mencakup beragam agenda, seperti kegiatan spiritual, penguatan nilai-nilai, kekompakan siswa, serta latihan kerjasama dalam menyelesaikan masalah.

Kegiatan rekoleksi ini diakhiri dengan semangat yang tinggi. Siswa-siswi kembali dengan semangat yang baru, siap untuk menghadapi sisa semester dengan semangat yang lebih kuat dan tekad yang lebih mantap.

Penulis : Florensia M.

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.