Home » Adakan Kompetisi Futsal, Sekolah St Yusuf Libatkan SD dan SMP se-Karimun

Adakan Kompetisi Futsal, Sekolah St Yusuf Libatkan SD dan SMP se-Karimun

oleh Redaktur Ytknews

Tanjungbalai, YTKNews,id—Dalam rangka ulang tahun Sekolah Santo Yusup Tanjung Balai Karimun  menggelar serangkaian acara. Rangkaian acara keempat  yang digelar olah SMP Santo Yusup adalah pertandingan  Futsal tingkat SD   dan tingkat  SMP. Pertandingan Futsal tingkat SD diikuti oleh 10 SD yang ada di Karimun.

Ada beberapa sekolah yang mengirimkan 2 tim seperti SD Santo Yusup, SD Darul Mukmin, SD Cahaya, SD 007, SD Bina Bangsa dalam pertandingan tersebut. Sekolah yang ikut dalam pertandingan futsal ini, ada 10 sekolah. Tetapi karena ada beberapa sekolah memnyertakan 2 tim, maka total tim futsal yang bertanding sebanyak 15 tim.

Untuk tingkat SMP ada 7 sekolah di karimun yang ikut dalam pertandingan, dan ada juga sekolah yang yaitu SMP Santo Yusup, SMP Imanuel, SMP Cahaya, SMP Vidya Sasana, SMP Darul Mukmin dan SMP 1 Meral. Ada 2 sekolah yang mengirimkan 2 tim yaitu tuan rumah dan SMP Imanuel. Jadi tingkat SMP diikuti oleh 7 sekolah  9 tim.

Serunya, kompetisi futsal ini, digelar  selama empat hari. Pada hari pertama, Selasa, 25 April 2024, menjadi momen seremonial acara pembukaan. Tak pelak, acara ini dihadiri olah para Kepala Sekolah mulai dari TK, SD, dan SMP Santo Yusup, Ada juga undangan dari perwakilan sekolah, peserta kompetisi, baik SD maupun SMP.

Kegiatan ini dibuka dengan laporan pelaksanaan kegiatan oleh sekretaris panitia Pesta Pelindung Sekolah Yustinus Priyantara. Selain itu dihadiri juga oleh ibu Ermita Selviana, S.Pd. sebagai Kasi PDK SMP.  Setelah  menyampaikan sambutannya langsung membuka acara tersebut di ditandai penendangan bola pertama.

Sekitar pukul 10.00 dilanjutkan dengan pertandingan tingkat SD untuk  babak penyisihan. Tim yang pertama berlaga adalah SD Santo Yusup A VS SD Darul Mukmin A yang akhirnya SD tuan rumah ditaklukkan oleh SD Darul Mukmin.

Walaupun tim dari SD Santo Yusup dua-duanya tersingkir dari babak penyisihan tetapi semangat mereka sangat luar biasa. “Saya sangat senang menyaksikan anak-anak dari tingkat SD bermain, walaupun SD Santo Yusup harus tersingkir dari babak penyisihan, tetapi semangat  sprotivitas mereka   sangat luar biasa,” kata Theresia Sulastri.

“Mereka ikut bermain saja itu sudah luar biasa, mau bertanding dengan sekolah yang memang sudah terkenal permainan di kota ini,” imbuhnya lagi.

Kegiatan untuk tingkat SD berlangsung 2 hari yaitu hari Kamis dan Jumat, yang lolos dari seperempat final ke semifinal harus menunggu sampai hari Senin, 29 April untuk Final, memperebutkan juara 3, 2 dan 1.

Pertandingan tingkat SMP dimulai pada hari Sabtu, 28 April 2024. Karena tidak banyak tim yang bertanding maka dari babak penyisihan langsung disambung dengan babak semifinal. Para pemain futsal dari sekolah lain yand ada di Karimun cukup baik sehingga pertandingan cukup sengit. Tim futsal dari SMP Santo yusup melaju ke babak final. Tim dari SMP Santo Yusup Berhadapan dengan SMP Negeri 1 Karimun. Akhirnya takluk di bawah SMP Negeri 1 Karimun dengan skor 2-4. SMP santo Yusup meraih juara 2 dan SMP Negeri 1 Karimun juara 1, sedangkan SMP 1 Meral sebagai juara 3.

Sedangkan untuk tingkat SD juara 1 dimenangkan oleh SD 007, juara 2 oleh SD Darul Mukmin A dan juara 3 SD Cahaya. Pemberian apresiasi untuk tim yang menang tingkat SD dan SMP sama. Juara 1,2, dan 3 masing-masing mendapatkan  mendapat medali, piala dan uang pembinaan.

Uang pembinaan yang berbeda-beda, juara1 Rp 600.000, juara 2 Rp500.000 dan juara 3 RP400.000. Kegiatan pertandingan futsal ini bertujuan untuk memeriahkan hari ulang tahun Sekolah Santo Yusup, dan mempromosikan kegiatan siswa ke sekolah luar sehingga orang lain tertarik untuk mendaftarkan diri di Sekolah Santo Yusup.

Theresia Sulastri berharap agar event-event seperti ini menjadi kegiatan tahunan sekolah Santo Yusup, dan setiap unit membuat rencana anggaran dalam RKA atau  BOS. ”Untuk ke depan bukan hanya pertandingan futsal tetapi bisa juga ditambah lagi sesuai dengan fasilitas yang sekolah miliki, seperti pertandingan basket,  bola Voli dan yang lainnya,” kata Theresia sulastri menutup pembicaraan.(In/nys)

Kontributor : Alfrida Sinnong

Anda mungkin juga suka