Home » Siaga untuk Penanggulangan Bencana Kebakaran, PMR SMP Yos Sudarso Belajar Bersama Damkar BP Batam

Siaga untuk Penanggulangan Bencana Kebakaran, PMR SMP Yos Sudarso Belajar Bersama Damkar BP Batam

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id—Salah satu kegiatan pengembangan diri yang banyak diminati siswa di SMP Yos Sudarso saat ini adalah Palang Merah Remaja (PMR). Pengembangan diri PMR merupakan wadah pembinaan anggota remaja dengan tujuan membangun dan mengembangkan karakter anggota PMR yang berpedoman pada Tri Bakti PMR dan prinsip kepalangmerahan untuk menjadi relawan masa depan. Tri Bakti PMR diantaranya adalah berbakti pada masyarakat, mempertinggi keterampilan, memelihara kebersihan dan kesehatan, serta mempererat persahabatan nasional dan internasional.

Simulasi Damkar

Dalam rangka mengisi hari Pendidikan Nasional pada hari Kamis, 02 Mei 2024, PMR SMP Yos Sudarso mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan penanggulangan bencana kebakaran. Kegiatan ini berlangsung di lapangan sepak bola SMP Yos Sudarso. Sasaran kegiatan ini adalah siswa-siswi PMR, masyarakat sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah. Masyarakat sekolah  terdiri dari kepala sekolah unit SD, SMP dan SMA Yos Sudarso, pembina PMR, bapak/ibu guru SMP Yos Sudarso, dan siswa-siswi SMP Yos Sudarso. Masyarakat sekitar sekolah  yang diundang adalah pak lurah, RT dan RW di sekitar lingkungan sekolah SMP Yos Sudarso. Dalam kegiatan ini turut diundang DAMKAR BP Batam dan relawan PMI.

Steifan John Risna, sebagai pembina PMR di SMP Yos Sudarso mengonfirmasi bahwa, PMI sering terlibat dalam kegiatan PMR.  “Kita merupakan suatu mitra. PMI itu menaungi PMR. Jadi PMI itu sendiri sering datang ke sekolah dalam aktivitas-aktivitas PMR. Salah satunya ikut menghadiri PMR sekota Batam dan memberikan pelatihan pada masa orientasi kepalangmerahan,” imbuhnya.

Merdeka Belajar Menguatkan Jiwa Tangguh Berjiwa Kemanusiaan” merupakan tema yang dipilih dalam kegiatan ini. “Saat ini kita sedang menggaungkan merdeka belajar. Sehingga dengan adanya merdeka belajar anak-anak terbangkitkan motivasi sebagai seorang remaja yang berjiwa kemanusiaan, orang-orang yang peduli kepada sesamanya dan kepada lingkungannnya. Anak-anak diharapkan memiliki keterampilan setelah mengikuti pelatihan ini dan mampu mengekspresikan keterampilan tersebut,” tutur Steifan.

Salah satu Tri Bakti PMR adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Inilah yang mendasari PMR mengadakan kegiatan ini. PMR tidak hanya berkarya di lingkungan sekolah tetapi ikut ambil bagian dalam kegiatan di luar sekolah. Salah satu contohnya adalah kerja bakti dengan masyarakat.

Disampaikan juga oleh Steifan, kegiatan ini bertujuan untuk melatih  siswa agar terampil dalam melaksanakan berbagai kegiatan, menggugah rasa kepedulian terhadap kegiatan di lingkungan maupun luar sekolah, melatih rasa peduli terhadap masalah-masalah yang terjadi di masyarakat salah satunya bencana kebakaran. Jadi diharapkan siswa ikut ambil  bagian sesuai dengan apa yang sudah didapatkan.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar. Tampak dari antusiasme siswa dan para tamu dalam mendengarkan pemaparan tim DAMKAR BP Batam. “Dari kegiatan ini, saya menyadari betapa pentingnya penanggulangan bencana kebakaran dalam kehidupan kita sehari-hari. Saya banyak belajar tentang pencegahan kebakaran dan langkah-langkah darurat yang tepat untuk menangani api. Maka dari itu, acara ini sangat bermakna bagi saya. Saya menjadi terinspirasi untuk lebih banyak membantu orang-orang. Saya juga makin kagum dan berterima kasih kepada pemadam kebakaran yang sudah banyak membantu masyarakat dalam menangani bencana kebakaran,” ujar Grace yang merupakan ketua PMR SMP Yos Sudarso. (DN)

Kontributor : Romaida

Anda mungkin juga suka