Home » Makin Terdepan, Perpustakaan SMA Santo Yosef Pangkalpinang Raih Juara 2 Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi

Makin Terdepan, Perpustakaan SMA Santo Yosef Pangkalpinang Raih Juara 2 Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – Lomba perpustakaan tingkat Provinsi di Kepulauan Bangka Belitung dilaksanakan pada 23 April 2024. Lomba ini diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hal ini pasti akan menjadi kesempatan yang luar biasa bagi SMA Santo Yosef Pangkalpinang. Lomba ini tentunya dapat mendorong minat baca, mempromosikan budaya literasi, dan meningkatkan kualitas layanan perpustakaan. Perpustakaan SMA Santo Yosef sudah terakreditasi “B”. Akreditasi perpustakaan SMA Santo Yosef sudah baik dengan memiliki banyak koleksi buku dan ragam karya peserta didik. Hal Seperti ini menjadi salah satu kriteria dalam penilaian. Dalam lomba ini, Perpustakaan SMA Santo Yosef meraih Juara 2.

“Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi adalah kesempatan yang baik untuk memamerkan semua kegiatan dan inovasi yang telah dilakukan oleh perpustakaan SMA Santo Yosef.” ujar Fitria Dyah Palupi, S.Si, selaku pustakawati.

Sudah jauh – jauh hari Perpustakaan SMA Santo Yosef Pangkalpinang mempersiapkan diri dalam lomba ini. Dimulai dari penyusunan profil perpustakaa, sejarah, visi, misi, dan pencapaian yang telah diraih. Selain itu, koleksi buku, layanan referensi, layanan peminjaman, klub buku, dan kegiatan lainnya juga disiapkan.

Perpustakaan dari SMA Santo Yosef memiliki keunikan dan keunggulan dalam program dan kegiatan, seperti lokakarya, diskusi buku, pertunjukan seni, atau kegiatan lain yang telah dilakukan untuk mendorong minat baca dan pengembangan literasi. Selain itu, perpustakaan telah menerapkan inovasi teknologi baru, misalnya sistem manajemen perpustakaan digital dan platform pembelajaran online.

“Perpustakaan SMA Santo Yosef juga terlibat dengan komunitas sekolah yang lainnya dan masyarakat sekitar, misalnya, kerjasama dengan penulis lokal, organisasi sukarela, dan kegiatan bersama dengan pihak luar lainnya sudah dilakukan dengan sangat baik.” ujar Falentina Martini selaku pustakawati.

Penulis:  Lukas Mileniawan, S.Pd 

Anda mungkin juga suka