Home » Unggul dan Terdepan, Begini SMP Santa Maria Mentok Sambut Tahun Ajaran Baru

Unggul dan Terdepan, Begini SMP Santa Maria Mentok Sambut Tahun Ajaran Baru

oleh Suwito

Mentok-YTKNews.id- SMP Santa Maria Mentok sukses menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi 56 peserta baru yang berasal dari berbagai sekolah di Kecamatan Mentok. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak 15 Juli 2024 ini berjalan lancar dan penuh antusiasme.

MPLS di sekolah favorit di Mentok itu mengusung tema “Membangun Karakter dan Kepedulian Sosial”. Beragam kegiatan menarik dan edukatif disiapkan untuk menyambut para siswa baru, di antaranya ice breaking, pengenalan tata tertib, pengenalan ekstrakurikuler dan fasilitas sekolah, tips cara belajar yang efektif, tata krama, bullying, dan nonton bareng. Semua kegiatan tersebut dirancang untuk membantu siswa-siswi baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru serta membangun hubungan yang positif dengan sesama siswa dan guru.

“Kami berharap anak-anak dapat menjadi pribadi yang berkarakter, semangat dalam belajar, memiliki kepedulian sosial, dan memiliki tujuan yang jelas dalam masa depan pendidikan mereka,” ujar Hotmaria, Ketua Panitia MPLS SMP Santa Maria.

Salah satu panitia,
Riko Zulkarnain, juga memberikan kesan positif terhadap siswa-siswi baru yang mengikuti kegiatan MPLS ini.

“Anak-anak sangat tertib mengikuti jalannya kegiatan yang sudah terjadwal. Antusiasme mereka luar biasa. Beberapa anak berani untuk bertanya dan memberikan tanggapan,” katanya.

Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan MPLS tidak hanya berjalan dengan baik, tetapi juga berhasil memotivasi peserta didik baru untuk aktif dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan.

Ice breaking yang dilakukan di hari pertama berhasil mencairkan suasana dan membuat peserta didik baru merasa lebih nyaman. Berbagai permainan dan aktivitas kelompok membantu mereka mengenal satu sama lain dan membangun kerja sama tim. Pengenalan tata tertib sekolah dan ekstrakurikuler juga memberikan gambaran kepada siswa baru mengenai aturan dan berbagai kegiatan yang bisa mereka ikuti untuk mengembangkan minat dan bakat mereka.

Sesi tips cara belajar yang efektif memberikan panduan kepada siswa baru tentang bagaimana mengatur waktu belajar, teknik belajar yang baik, dan cara menghadapi ujian. Sementara itu, pembahasan mengenai tata krama dan bullying bertujuan untuk membentuk sikap yang baik dan saling menghormati antar siswa, serta menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman.

Tidak ketinggalan, kegiatan nonton bareng menjadi momen yang menyenangkan bagi peserta didik baru untuk bersantai dan menikmati kebersamaan setelah berbagai aktivitas edukatif. Film yang dipilih juga memiliki pesan-pesan moral yang positif, sejalan dengan tema MPLS tahun ini.


“Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan selama MPLS, diharapkan mereka dapat menjalani masa sekolah dengan penuh semangat dan motivasi, serta menjadi generasi yang berkarakter dan peduli sosial,” ujar Letisia Pare, Kepala SMP Santa Maria. (swt)

Reporter: Tarsisius

Anda mungkin juga suka