Home ยป MPLS SD Santa Maria Mentok: Pengalaman Unik dan Menyenangkan bagi Peserta Didik Baru!

MPLS SD Santa Maria Mentok: Pengalaman Unik dan Menyenangkan bagi Peserta Didik Baru!

oleh Suwito

Mentok-YTKNews.co.id- Hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SD Santa Maria Mentok diwarnai dengan suasana yang unik dan menyenangkan bagi para peserta didik baru. Kegiatab berlangsung dari 15 Julo 2024 sampai 5 hari ke depan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada MPLS kali ini, anak-anak tidak langsung diarahkan ke ruang kelas mereka masing-masing. Upacara apel tahun ajaran baru mengawali kegiatan MPLS di sekolah penggerak angkatan 1 itu. Kegiatan apel diawali dengan perkenalan guru, wali kelas dan staf tenaga kependidikan.

Penyematan tanda resmi sebagai peserta didik baru

Pengumuman kelas dan kelompok jenjang dibagi secara resmi setelah apel MPLS. Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta didik baru pada perwakilan siswa kelas 1 yang didampingi oleh orang tua mereka.

Mereka diajak untuk mengikuti berbagai kegiatan menarik yang bertujuan untuk membangun rasa kebersamaan dan kekompakan antar siswa baru.

“Hal ini bertujuan untuk melatih kemampuan mereka dalam memecahkan masalah dan bekerja sama dalam tim,” ujar Maria Susanti, Kepala SD Santa Maria.

MPLS di SD Santa Maria Mentok tidak hanya diisi dengan kegiatan yang menyenangkan, tetapi juga dengan berbagai kegiatan penting untuk mempersiapkan para peserta didik baru dalam mengikuti pembelajaran di sekolah.

Program transisi ke SD selama 2 minggu khusus kelas 1 yang berfokus pada kegiatan non-kognitif untuk memotivasi anak belajar, seperti icebreaking, pengenalan gaya hidup teratur, dan lingkungan sekolah. Program ini dirancang untuk membantu anak-anak beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru dan membangun rasa percaya diri mereka.

Sementara peserta didik kelas 2 hingga 6 diajak mengenal kembali program sekolah selama 1 minggu, penyusunan kesepakatan kelas, program sosialisasi sekolah sehat, perilaku ramah lingkungan, perilaku ramah anak, dan anti bullying, serta motivasi semangat belajar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali para siswa tentang peraturan dan program sekolah, serta untuk membangun karakter dan semangat belajar mereka.

“Dengan berbagai kegiatan yang menarik dan bermanfaat ini, MPLS SD Santa Maria Mentok diharapkan dapat membantu para peserta didik baru untuk beradaptasi dengan baik di lingkungan sekolah yang baru dan memulai tahun ajaran baru dengan penuh semangat,” pungkas Maria.

Kontributor: Suwito

Anda mungkin juga suka