Home » Luar Biasa! Dua Siswi SMAKYS Wakili Kepri pada Forum Pelajar Indonesia Ke-13

Luar Biasa! Dua Siswi SMAKYS Wakili Kepri pada Forum Pelajar Indonesia Ke-13

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id- Dua siswi SMAK Yos Sudarso Batam, Mutiara Nainggolan dan Ria Rima Kurnia lolos ke tingkat Nasional pada kegiatan Forum Pelajar Indonesia ke-13 yang diselenggarakan oleh lembaga Indonesian Student and Youth Forum (ISYF). Forum Pelajar Indonesia adalah forum tahunan yang melibatkan pelajar tingkat SMA-SMK-MA dari seluruh Indonesia yang mempunyai kapasitas dan integritas. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 30 Juli – 3 Agustus 2024 di Jakarta dan diikuti oleh 196 siswa dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Tujuan saya mengikuti kegiatan ini adalah untuk membawakan isu pendidikan, sosial, hukum, dan lingkungan Kepulauan Riau di kancah nasional,” jelas Mutiara. “Saya ingin berdiskusi dengan teman-teman dari seluruh Indonesia untuk mendapatkan wawasan baru. Selain wawasan akademis, saya pun banyak belajar tentang kepemimpinan dan yang terpenting, saya belajar tentang social skills,” sambungnya.

Mutiara dan Ria bersama delegasi dari Kepri

Bagi Mutiara dan Ria, untuk bisa lolos pada kegiatan ini bukan dari faktor keberuntungan dan kebetulan semata. Tapi, harus melalui proses seleksi yang sangat panjang dan cukup ketat. “Ada tiga jenis seleksi yang harus kami ikuti yaitu seleksi berkas, seleksi esai, dan seleksi video. Pada seleksi berkas kami diminta untuk mengisi informasi umum mengenai diri sendiri, prestasi yang pernah diraih dengan menyertakan sertifikat, personal essay, dan tulisan singkat mengenai outcome atau program yang akan dilakukan apabila lolos seleksi. Untuk seleksi esai, kami diminta untuk menulis esai maksimal 2000 kata dengan tema Gagasan Pelajar untuk Indonesia Emas 2045. Terakhir, pada seleksi video kami diminta untuk membuat video kreatif mengenai elaborasi diri.”

Sangat banyak kegiatan yang mereka ikuti selama mengikuti program ini yaitu, Ministerial Speak: Sesi ini diisi oleh pihak kementerian terkait dan penyelenggara akan mengundang 200 pelajar sebagai observer dari berbagai sekolah se-Indonesia. Wisdom Talk: Sesi ini diisi oleh oleh tokoh yang mempunyai reputasi  yang cukup baik dalam pengetahuan dan pengalaman nya untuk menyampaikan inspirasi, motivasi, dan pesan. Meet The CEO: Kegiatan ini bisa berbentuk talkshow atau dialog dengan para CEO yang mempunyai reputasi dan dari perusahaan ternama untuk berbagi tips dan trik tentang perjalanan karir dan kepemimpinan. Meet The Leader: Sesi ini diisi oleh pemimpin maupun pejabat pemerintahan terkait dan penyelenggara akan mengundang 250 pelajar sebagai observer dari berbagai sekolah se-Indonesia dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang mereka ikuti.

Foto bersama peserta Forum Pelajar Indonesia ke-13

“Di kegiatan ini, kami mengunjungi banyak kantor pemerintahan dan berdialog langsung dengan para pemegang kebijakan. Di antaranya DPR RI, MPR RI, Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kementrian Perdagangan RI, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kementrian Sekretariat Negara RI, Kementrian Pertahanan RI, @america yang merupakan afiliasi Kedutaan Besar Amerika. kunjungan-kunjungan tersebut merupakan suatu kesempatan emas bagi saya karena selain materi yang diberikan, saya bisa berdiskusi langsung, memberikan ide, bahkan memberikan aspirasi mengenai keadaan provinsi yang saya tinggali saat ini,” jelas Mutiara dan Ria.

Forum ini membuka ruang pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam upaya menumbuhkan karakter kepemimpinan dan integritas pelajar Indonesia. Banyak manfaat yang didapatkan oleh Mutiara dan Ria setelah mengikuti kegiatan ini. “Kami mendapatkan relasi baru dari seluruh Indonesia. Kami banyak bertukar pikiran dan juga perspektif dengan teman-teman yang lain. Menambah wawasan kami mengenai negara Indonesia. Selain itu, kami banyak belajar mengenai leadership, cara menghadapi kegagalan, dan motivasi lainnya,” jelasnya.

Kegiatan ini selain membawa manfaat bagi pribadi mereka, juga bermanfaat bagi daerah Kepulauan Riau. Mutiara dan Ria membawakan isu mengenai terbatasnya perdagangan maritim di daerah 3T provinsi Kepulauan Riau. “Melalui kesempatan ini, kami di-notice sama Bapak Jerry Sambuaga yang merupakan wakil ketua perdagangan RI. Beliau memberikan kami nomor telepon untuk membicarakan isu ini lebih lanjut. Beliau juga akan mengecek secara langsung keadaan perdagangan di daerah tersebut,” pungkasnya. (DN)

Kontributor : Tio Erlika Putra

Anda mungkin juga suka