Home » Luar Biasa! SMP Santo Paulus Tampil Dalam Acara Konser Dambus Pelajar

Luar Biasa! SMP Santo Paulus Tampil Dalam Acara Konser Dambus Pelajar

oleh Marcelina Sandra

Pangkalpinang, YTKNews.id — SMP Santo Paulus ikut berpartisipasi dalam acara Konser Dambus Pelajar yang di Ballroom Hotel Bangka City Pangkalpinang yang dilaksanakan pada 29 Agustus lalu. Dalam acara tersebut banyak sekolah-sekolah yang menampilkan tarian dambus mereka, dan salah satunya yakni SMP Santo Paulus.

Dambus merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik yang berasal dari Provinsi Bangka Belitung. Alat musik Dambus terbuat dari bahan kayu cempedak yang menyerupai gitar dan memiliki 6 buah senar nylon atau lebih. Alat musik Dambus ini berbentuk agak lonjong dan mempunyai ciri khas pada bagian kepala yang berbentuk kepala rusa.

Anak-anak sedang tampil di atas panggung

Memainkan alat musik dambus bukalan hal yang mudah, karena itu SMP Santo Paulus melakukan latihan kurang lebih 6 bulan, sebelum penampilan agar dapat menampilakan yang terbaik di acara dambus Pelajar. Diacara tersebut banyak penampilan peserta dari berbagai sekolah untuk menampilkan penampilan dambus mereka. Tidak kalah dengan peserta-peserta yang lainnya, SMP Santo Paulus menampilkan penampilan yang sangat memukau dengan diiringi lantunan musik dambus dan gerakan tarian yang sangat indah, penari dari SMP Santo Paulus juga menggunakan kostum tradisional dari Bangka Belitung yang sangat indah.

“Saya sangat bangga dengan antusias dan semangat anak-anak untuk tampil diacara dambus pelajar ini, mereka begitu luarbiasa dan tampil memuakau. Semoga dengan adangan acara ini, siswa-siswi SMP Santo Paulus semakin mencintai budaya Bangka Belitung dan menjadikan ini salah satu jembatan mereka dalam melestarikan budaya Bangka Belitung” ucap Jujui Hartati Sagala, selaku kepala sekolah SMP Santo Paulus.

 

Kontributor: Sry Sinaga

Anda mungkin juga suka