Home » Serunya Lomba Menulis di SMP Santa Theresia Meriahkan HUT ke-66 Yayasan Tunas Karya

Serunya Lomba Menulis di SMP Santa Theresia Meriahkan HUT ke-66 Yayasan Tunas Karya

oleh Marcelina Sandra

 

Pangkalpinang, YTKNews.id — Bertempat di ruang pertemuan SMP Santa Theresia Pangkalpinang, beberapa peserta didik, perwakilan kelas, sangat antusias mengikuti lomba menulis. Kegiatan diadakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-66 tahun Yayasan Tunas Karya. Program kerja perpustakaan dan program literasi SMP Santa Theresia Pangkalpinang bertujuan menggembangkan literasi dan juga menggembangkan keterampilan menulis pada generasi Z khususnya di SMP Santa Theresia pangkalpinang ini. Program ini juga merupakan timbal balik dari kegiatan jumpa dengan penulis novel JS. Khairen, supaya dapat mengembangkan kegiatan menulis dari sejak dini sehingga diharapkan memunculkan lahir penulis kreatif.

Peserta sedang menulis karya

Pada kegiatan ini, peserta dari jenjang kelas 7 sampai dengan kelas 9 yang merupakan perwakilan yakni mengirimkan 2 perwakilan masing-masing tetapi pada pelaksanaan kegiatan ada kelas yang mengirimkan 3 perwakilan dengan semangat ingin mengikuti kegiatan ini dengan menggali ide-ide kreatif atau cerpen yang menarik. Kegiatan ini dilakukan selama dua jam pada 6 September lalu. Beragam tulisan mengangkat tema “Lingkungan Sekolah” berupa menulis artikel, cerpen, atau cerita dari pengalaman pribadi selama berada di sekolah. Tulisan dibuat di selember kertas folio peserta mulai dengan menuangkan ide kreatifnyamasing-masing seperti dengan cerpen lingkungan sekolah, program yang tengah di laksanakan di sekolah, fasilitas sekolah, diawali juga kesan pesan selama mereka belajar di SMP Santa Theresia Pangkalpinang.

Diawali dari pengumuman melalui flayer dari perpustakaan yang disampaikan melalui grup sekolah, media sosial sekolah dan perpustakaan, peserta mulai mencari bahan untuk dipersiapkan adalah observasi lingkungan sekolah, kegiatan dan lain sebagainya.

“Kegiatan ini sebagai ajang mengembangakan kemampuan peserta didik dalam menulis.” ungkap Evita, salah satu peserta kelas kelas 9 yang setuju bahwa memang kegiatan ini di rancang supaya dapat mempersiapkan diri untuk kegiatan selanjutnya.

“Banyak sekali kegiatan yang saya ikuti mulai dari jumpa dengan penulis dan sekarang lomba menulis yang diadakan oleh perpustakaan.” sambung Ambrosius, salah satu peserta didik kelas 7.

“Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta didik dalam menuangkan ide dalam bentuk cerita atau cerpen yang mampu meningkatkan literasi siswa dalam bidang menulis seturut dengan tema HUT YTK ke-66. Harapanya semoga kegiatan perpustakaan SMP Santa Theresia semakin berkarakter, dinamis dan melayani.” tutur Fransiskus Tri Subakti, selaku kepala perpustakaan SMP Santa Theresia Pangkalpinang. (san)

 

Kontributor: Stefani Indah C.

Anda mungkin juga suka