Home » Misa Awal Tahun Ajaran Baru 2024-2025 dan Dies Natalis STIE BP Ke -24

Misa Awal Tahun Ajaran Baru 2024-2025 dan Dies Natalis STIE BP Ke -24

oleh humas YTK

Batam, YTKNews.id — Memasuki tahun ajaran baru 2024/2025, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada (STIEBP) telah melaksanakan Misa pembukaan ajaran baru yang diikuti oleh seluruh sivitas akademika STIE BP.

Misa pembukaan berlangsung pada tanggal 19 september 2024 di Aula Wiliem BP, yang dipimpin oleh RP. Pilifus Junianto SSCC, bersama RD. Laurensius Dihe Sanga. Misa pembukaan ajaran baru berjalan dengan lancar dan hikmat.

Setelah Misa pembukaan ajaran baru 2024/2025, seluruh mahasiwa wajib mengikuti dies natalis STIE BP ke-24. Sebelum dies natalis dimulai para mahasiwa, dosen dan staf melakukan doa bersama kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan himne STIE BP yang dipandu salah satu mahasisw STIE BP, Kamelia Larasati. Kemudian dilanjukan kata sambutan dari wakil ketua 3 RP. Pilifus Junianto, S.S.,M.M.

Romo Pilifus mengungkapkan pada 19 September 2024, perjalanan panjang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada (STIE BP) sebagai satu-satunya perguruan tinggi katolik di Kepulauan Riau, genap memasuki tahun yang ke-24.

Dengan berpegang pada prinsip Unggul, Terbuka dan Intergral yang Berdaya Saing Nasional berlandaskan Tata Nilai Katolik, tantangan demi tantangan telah dihadapi dan berhasil diatasi oleh STIE BP di sepanjang perjalanan tersebut.

“Untuk ini, mari kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke Tuhan Yang Maha Kasih atas segala limpahan Rahmat, Karunia dan Kasih-Nya, sehingga STIE BP dapat terus-menerus mengembangkan diri, dan memperluas kiprah dan kontribusinya bagi kemajuan bangsa dan negara, serta bagi kemaslahatan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Parsada (STIE BP) tahun ini merayakan dies natalisnya yang ke-24 pada Kamis (19/09/2024). Mengusung tajuk “Kontekstualisasi Tri Darma Perguruan Tinggi Yang Unggul, Terbuka Dan Integral”, perayaan hari jadi STIE BP ini dipenuhi kegiatan yang menanamkan nilai gotong royong, kerja sama, dan kreativitas.

Sebelum pemotongan kue ulang tahun, semua sivitas akademik mengikuti orasi ilmia yang disampaikan oleh  Agus Sekti Susilo Atmojo, M.Si. Di hadapan civitas akademika Agus Sekti menyampaikan, Dies Natalis ke -24 ini STIE BP sadar bahwa perguruan tinggi memiliki peran penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan serta pengembangan teknologi dalam dunia manajemen dan perkembangan ilmu ekonomi pada umumnya.

Data penelitian yang dilakukan beberapa waktu lalu melalui penyebaran kuesioner dalam rangka pengembangan institusi maupun program studi dari 103 responden menghasilkan data bahwa program studi manajemen di Kota Batam masih menjadi acuan rangking tertinggi dalam pilihan studi lanjut generasi muda di Kota Batam.

“Dalam lokakarya tentang agenda pengembangan program studi di STIE BP menggambarkan bahwa STIE BP memproses kebijakan secara terbuka dan melibatkan para pemangku kepentingan dalam rangka menjawab tantangan jaman,” kata Agus.

“Dari hasil pemaparan materi dan diskusi baik dari Yayasan, LLDIKTI 17, Dinas Ketenagakerjaan Batam, Pemerhati Pendidikan dan lain-lainya menghasilkan keputusan bahwa STIE BP harus meningkatkan pengembangan institusi maupun program studi demi kemajuan layanan pendidikan,” ungkapnya.

“Dalam konteks aktualisasi Tri Darma Perguruan Tinggi STIE BP melandasinya dengan dasar yang tertuang dalam rumusan Visi STIE BP yaitu Menyelenggarakan Perguruan Tinggi yang Unggul, Terbuka dan Integral yang Berdaya Saing Nasional berlandaskan Tata Nilai Katolik. Kita semua bermimpi, berusaha dan berdoa agar melalui Dies Natalis ke 24 ini menjadi pondasi adanya perubahan serta pengembangan kampus STIE BP tercinta kita ini. Hidup adalah perjuangan dan untuk mencapai hasil dibutuhkan pengorbanan baik dari sisi diri pribadi, institusi maupun pemangku kepentingan. Jaya STIE BP Jayalah masa depan kita,” tegas Agus diakhir orasinya.

Ketua STIE BP  didampingi para Wakil ketua, tampak mempersiapkan pemotongan kue ulang tahun  melambangkan berbagi kebahagiaan dan keberuntungan. Di sela-sela kebersamaan, RD Laurensius Dihe Sanga, menyampaikan, meski banyak tantangan yang terus berlanjut dengan banyak cerita di balik fenomena, tentu bagi setiap pribadi memiliki kesan tersendiri saat bergelut di dalamnya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada sebagai Sekolah Tinggi Katolik yang lahir dari jantung Gereja melalui patron Mgr Hilarius Moa Nurak S.V.D. Bentara Persada terus berkarya mengembangkan talenta dan membaktikannya untuk bangsa dan negara.

Mengawali masa perkuliahan tahun ajaran baru 2024-2025, tentu beban tanggung jawab STIE BP sebagai salah satu perguruan tinggi  yang mengemban misi pendidikan tinggi, tentu tidak mudah tetapi juga tidak sulit apabila telah dipersiapkan banyak alternatif solusi  yang  mendorong untuk tetap bertahan bahkan harus berkembang meski harus mengalami perubahan yang merupakan keniscayaan yang harus terjadi, pungkasnya. ***

Kontributor : Silvester

Anda mungkin juga suka