Home » EPIC-nya MPLS di SMAK Yos Sudarso Batam

EPIC-nya MPLS di SMAK Yos Sudarso Batam

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id MPLS merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh sekolah. Tidak hanya memberikan gambaran lingkungan sekolah, tetapi juga untuk mempersiapkan peserta didik baru sebelum memulai pembelajaran yang lebih intensif.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SMAK Yos Sudarso, Sumiyati, S.Pd.,M.M pada hari Jumat, 12 Juli 2024, saat kegiatan pra-PLS.  “Saya menitipkan pesan kepada seluruh peserta didik baru untuk mengikuti kegiatan PLS dengan penuh semangat, manfaatkan PLS ini menjadi wadah kalian mengenal lebih dekat SMAK Yos Sudarso,” ujarnya saat apel pagi.

Tema MPLS SMAKYS pada tahun ini adalah EPIC, yang merupakan singkatan dari Equal, Passion, Identify, dan Character. Pembina PLS, Pertiwi,S.Pd.,  mengatakan bahwa tema EPIC bertujuan untuk mendorong kesetaraan dengan memberikan kesempatan yang sama bagi setiap peserta PLS, menginspirasi peserta PLS untuk mengejar minat dan bakat dengan penuh semangat, serta membantu peserta PLS mengenali dan menghargai identitas pribadi mereka. Selain itu, tema ini juga berfokus pada pengembangan karakter yang kuat dan positif, seperti integritas, tanggung jawab, dan empati.

Hari Senin (15/7/2024) merupakan hari pertama kegiatan PLS. Kegiatan ini dimulai dengan apel pagi yang dipimpin oleh Ibu Sumiyati. Sebanyak 439 siswa baru mengikuti kegiatan PLS ini. Setelah apel pagi, siswa mengikuti acara seminar di GOR sekolah. Seminar pertama oleh tim kurikulum sekolah yang disampaikan oleh Bapak Pandu, dilanjutkan seminar gaya hidup sehat, dan diakhiri seminar tentang visi misi sekolah yang disampaikan oleh Ibu Sumiyati. Hal ini berguna untuk menambah wawasan peserta didik baru tentang SMAK Yos Sudarso.

Hari kedua PLS (16/7/2024) peserta didik baru mengikuti acara talkshow, di mana pembicaranya adalah siswa berprestasi di SMAK Yos Sudarso Batam, antara lain Evan Nathanael, Veline, dan Celvin Ello. Ketiganya memiliki prestasi yang berbeda dan membanggakan. Dalam momen itu, mereka bercerita dan bertanya jawab dengan para peserta MPLS terkait tips dan trik menjalani aktivitas belajar di dalam dan luar sekolah. Setelah itu, siswa mengikuti kegiatan wiyata mandala, dan diakhiri kegiatan persiapan pentas seni yang akan ditampilkan pada hari ketiga PLS.

Hari ketiga PLS (17/7/2024) merupakan hari terakhir pelaksanaan PLS. Kegiatan ini ditutup oleh kepala sekolah pada apel pagi dilanjutkan dengan kegiatan pentas seni yang dilaksanakan oleh seluruh kelas X. Pentas seni berjalan dengan seru, dan penuh antusias dari seluruh peserta.

“Seluruh peserta sangat luar biasa, dengan persiapan yang singkat, hanya beberapa jam. Tetapi seluruh peserta bisa menampilkan yang terbaik,” ujar Pertiwi. Semua peserta didik baru pun dinyatakan lulus PLS SMAK Yos Sudarso Batam Tahun Ajaran 2024/2025. (DN/sfn)

Kontributor: Tio Erlika Putra

Anda mungkin juga suka