Home » SD Santa Maria Mentok Berinovasi dalam Pembelajaran Berbasis AI dengan Gemini

SD Santa Maria Mentok Berinovasi dalam Pembelajaran Berbasis AI dengan Gemini

oleh Redaktur Ytknews

Mentok, YTKNews— SD Santa Maria Mentok terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan pendidikan berkualitas. Terkini, sekolah milik Yayasan Tunas Karya (YTK) itu, mengintegrasikan teknologi terkini dalam pembelajaran.

Cerita itu terjadi, pada tanggal 6 dan 12 September 2024. Sekolah Favorit di Mentok itu, mengadakan kegiatan pengimbasan inovasi pembelajaran berbasis kecerdasan buatan (AI) dengan menggunakan platform Gemini. Kegiatan ini dihadiri oleh guru-guru dari SD Santa Maria serta perwakilan dari komunitas KKG Kelas 4 Kecamatan Mentok. Kegiatan yang diiniasi oleh Google Indonesia ini disambut cekatab oleh sekolah katolik di Mentok tersebut.

Pengimbasan ini dipimpin oleh guru SD Santa Maria, Suwito. Guru ini, ternyata peserta Gemini Academy 2024. Suwito, yang telah beberapa kali diundang sebagai narasumber di berbagai sekolah untuk berbicara tentang inovasi pembelajaran, membagikan pengetahuannya tentang penggunaan AI dalam mendesain pembelajaran yang inovatif dan dinamis. Sebagai Duta Canva 2024 dan narasumber berbagi praktik baik dari Balai Guru Penggerak Bangka Belitung, Suwito membawa pengalaman serta wawasan yang mendalam untuk menginspirasi para peserta.

“SD Santa Maria Mentok bangga menjadi bagian dari revolusi pendidikan yang memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan efektivitas dan daya tarik pembelajaran,” ujar Maria Susanti. Menurut Kepala Sekolah ini, melalui kegiatan tersebut, para guru dibekali dengan sebuah keterampilan. “Keterampilan itu, memungkinkan mereka untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, kreatif, dan relevan bagi para siswa,” imbuh Maria Susanti.

Suwito, guru SD St Maria yg jadi narasumber

Selain itu, dengan keterlibatan guru-guru dari komunitas KKG Kelas 4 Kecamatan Mentok, acara ini turut memperkuat kolaborasi antarpendidik di daerah tersebut. Keikutsertaan mereka tidak hanya memperluas jangkauan manfaat kegiatan ini, tetapi juga memperkokoh semangat saling berbagi inovasi di antara sesama guru.

Dengan adanya kegiatan pengimbasan ini, SD Santa Maria Mentok semakin menunjukkan keunggulan dalam pelayanan pendidikan. Dedikasi mereka untuk terus berkembang dan memberikan yang terbaik bagi siswa mencerminkan semangat dinamis dan inovatif yang selalu dijunjung tinggi oleh sekolah ini.

“Kami berharap bahwa dengan memanfaatkan teknologi seperti AI, pembelajaran di SD Santa Maria akan semakin adaptif terhadap perkembangan zaman dan kebutuhan siswa. Hal ini tentunya menjadikan SD Santa Maria Mentok sebagai sekolah yang tidak hanya unggul dalam aspek akademik, tetapi juga dalam menghadirkan pendidikan yang relevan dengan masa depan,” pungkas Kepala Sekolah Penggerak Angkatan 1 tersebut. (sfn)

Aktivitas guru yang juga narasumber

Kontributor : Jernita

Anda mungkin juga suka