Home » Di SD St Maria Mentok, Anak-Anak Dibiasakan Mendaur Ulang Sampah

Di SD St Maria Mentok, Anak-Anak Dibiasakan Mendaur Ulang Sampah

oleh humas YTK

Mentok, YTKNews.id – Salah satu projek penguatan profil Pelajar Pancasila yang akan dilaksanakan SD Santa Maria Muntok adalah memanfaatkan sampah menjadi barang kreasi. Serangkaian kegiatan sudah mulai dijalankan oleh siswa, guru dan karyawan sekolah favorit di Kota Muntok tersebut.

Pada awal bulan Agustus lalu, siswa sudah dihimbau untuk melakukan pemilahan sampah di rumah, terutama sampah plastik yang dapat didaur ulang. Sampah tersebut dibersihkan dan dikumpulkan di rumah.

Pada hari yang sudah ditentukan, sampah yang sudah dibersihkan tersebut dibawa ke sekolah untuk dikreasikan bersama. Bim sala bim! Sampah yang terdiri dari bungkus makanan, kardus, botol bekas dan sebagainya jadilah pakaian-pakaian kreasi dan barang pajangan yang cantik.

Kegiatan ini akan terus berlanjut hingga September mendatang dimana SD Santa Maria berencana mengadakan pameran kerajinan tangan dari barang daur ulang. Tak hanya sampah anorganik, siswa juga direncanakan akan mengolah sampah organic menjadi Eco Enzim dan pupuk kompos.

“Kegiatan ini memupuk kreativitas siswa dan juga menjadi pembelajaran sepanjang akhir hayat. Siswa dan guru sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan pelestarian lingkungan ini!” ujar Maria Susanti, Kepala SD Santa Maria Muntok.

Selain pemilahan sampah, siswa juga dibimbing untuk membiasakan diri dengan pola hidup ramah lingkungan, misalnya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, hemat listrik, dan sebagainya. *(nys)*

Penulis : Suwito

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.