Home » Guru dan Karyawan SD Theresia 1 Pangkalpinang Rekoleksi di Puri Sadhana

Guru dan Karyawan SD Theresia 1 Pangkalpinang Rekoleksi di Puri Sadhana

oleh admin

( Foto : Rekoleksi Guru dan Karyawan SD Theresia 1 Pangkalpinang 2021 )

Pangkalpinang, YTKNews.id- Setelah melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan sistem daring selama satu tahun terakhir, guru dan karyawan SD Santa Theresia 1 Pangkalpinang bertolak ke tempat yang lebih dalam ( Duc in Altum) dengan mengikuti kegiatan rekoleksi di Puri Sadhana guna merefleksikan segala perjalanan dan pelayanan pendidikan, Sabtu (29/5/2021).

Romo pendamping Rekoleksi sekaligus guru di Seminari Mario John Boen Pangkalpinang, Rm. Martin da Silva, Pr. mengatakan bahwa tema yang diangkat pada rekoleksi ini adalah “Bertumbuh dan Berbuah di dalam Kasih karunia Allah”.

Ia menyampaikan bahwa ada lima hal penting yang harus dimiliki untuk menjadi guru yang kreatif dan inovatif, yang pertama adalah mau mengintropeksi diri, intropeksi diri akan menyelesaikan berbagai macam masalah dan hambatan. kedua adalah bersatu dengan Tuhan, dengan memiliki relasi dengan Tuhan maka seseorang akan mampu mengambil keputusan yang tepat. Ketiga adalah mau memohon kepada Tuhan, memohon kepada Tuhan merupakan tanda bahwa seseorang menaruh sikap percaya kepadaNya. Keempat adalah mengasihi tanpa batas, kasih merupakan kunci pelayanan yang total. Kelima adalah menjadikan para murid seperti sahabat, dengan menjadikan murid sahabat maka akan membuka diri untuk berelasi dengan orang lain.

“Apabila kelima hal ini dapat terwujud dan dituangkan dalam pelayanan, maka akan tercipta pelayanan yang berlandaskan ‘kasih’ yang total dan pada akhirnya akan menghasilkan buah yang manis,” katanya.

Ia mengungkapkan bahwa hidup sungguh membutuhkan refleksi dan introspeksi diri untuk memperbaharui diri menjadi lebih baik lagi dari hari kemarin, dan tanpa sebuah refleksi hidup hanyalah angin belaka tidak memiliki makna sedikitpun.

( Foto : Rekoleksi Guru dan Karyawan SD Theresia 1 Pangkalpinang 2021 )

Ia menyampaikan bahwa di dalam situasi zaman yang semakin canggih, para guru dan karyawan sangat dituntut untuk ‘melek teknologi’.

Menurutnya, dengan melek teknologi maka akan memberikan kemudahan di dalam proses pembelajaran maupun pelayanan terhadap peserta didik karena dengan teknologi dapat memunculkan ide kreatif dan inovatif.

“Walaupun dalam kenyataannya setiap manusia memiliki keterbatasan juga kekurangan, namun hal itu semua dapat diatasi dengan kemauan untuk maju juga komitmen yang dibuat dari dalam diri sendiri,” ungkapnya.

Ia berharap agar para guru dan karyawan SD Santa Theresia 1 Pangkalpinang dapat bertumbuh memberikan pelayanan pendidikan yang kreatif dan inovatif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman bagi para peserta didik setelah mengikuti rekoleksi ini.

Kepala sekolah SD Santa Theresia 1 Pangkalpinang, Suyati berharap agar rekoleksi yang dilaksanakan dapat memberikan semangat baru, roh yang baru, serta mampu menjadi pelayan-pelayan yang semakin kreatif dan inovatif.

“Semoga rekoleksi ini dapat memberikan kita semua semangat yang baru, roh yang baru, dan menjadikan kita semua menjadi pelayan-pelayan yang semakin kreatif dan inovatif dalam meningkatkan dan menciptakan mutu pelayanan pendidikan khususnya bagi Sekolah kita yakni SD Santa Theresia 1 Pangkalpinang” kata Suyati.(YTKNews.id)

Reporter : Andre

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.