Home » Ketua YTK Sebut Hari Lahir Pancasila Sebagai Momen Perayaan Keberagaman Yang Menyatukan.

Ketua YTK Sebut Hari Lahir Pancasila Sebagai Momen Perayaan Keberagaman Yang Menyatukan.

oleh admin

( Foto : RD. Servasius Samuel ,Ketua Yayasan Tunas Karya Pangkalpinang )

Pangkalpinang, YTKNews.id– Peringatan Hari Lahir Pancasila Tanggal 1 Juni merupakan peringatan atas peristiwa pidato yang dilakukan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), dimana pidatonya tersebut mengemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar Negara Indonesia.

Memaknai Peringatan Hari Lahir Pancasila, Ketua Yayasan Tunas Karya, RD. Servasius Samuel menyampaikan bahwa warga negara Indonesia patut bersyukur karena dengan latar belakang masyarakat yang sangat majemuk, tetapi tetap bersatu dalam satu negara dengan nilai luhur pemersatu bangsa yaitu Pancasila.

“Adanya suatu nilai luhur yang mempersatukan yaitu Pancasila, ini lah yang memampukan kita hidup dengan rukun dan damai,” kata RD. Samuel, Selasa (1/6/2021).

“Karena di dalam Pancasila ini, segala unsur perbedaan bukan diseragamkan melainkan dipertemukan dan disatukan, sehingga bisa menjadikan orang-orang berkolaborasi dan berjuang bersama untuk mencapai kesejahteraan umum,” katanya.

Ia juga mengajak masyrakat untuk dapat menghayati sikap Bersatu Dalam Keberagaman dalam kehidupan berbangsa untuk menuju Indonesia yang maju Indonesia yang hebat.

Ia mengungkapkan bahwa Yayasan Tunas Karya juga berada dalam situasi keberagaman, dimana orang-orang yang ada di dalamnya terdiri dari berbagi suku, budaya, dan jenjang pendidikan yang sangat beragam sesuai dengan tugas yang diembannya.

“Maka momen peringatan Hari Lahir Pancasila yang kita peringati ini sebenarnya kita merayakan tentang keberagaman kita yang menyatukan,” ungkapnya.

“Keberagaman itu pula lah yang mengikat kita untuk bersama-sama bekerja memperjuangkan pelayanan pendidikan yang semakin unggul dan terdepan,” ungkap RD. Samuel.

Ia menuturkan bahwa momen Hari Lahir Pancasila merupakan momen penegasan implementasi nilai-nilai Pancasila bukan hanya dalam kehidupan bermasyarakat secara umum, tetapi dalam karya pelayanan pendidikan.

“Karena kita adalah bagian dari keluarga besar Yayasan Tunas Karya, maka kita bersama-sama menghayati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari upaya kita untuk bersatu mengembangkan pelayanan pendidikan yang semakin berkualitas,” katanya.

“Kalau dikaitkan dengan visi Yayasan Tunas Karya, maka berkualitas itu artinya kita berharap siswa-siswi yang tamat dari Yayasan Tunas Karya adalah lulusan-lulusan yang terbaik yang bisa menghayati nilai-nilai Pancasila serta nilai-nilai Ketunas karyaan,” ungkapnya.(JnP/YTKNews.id)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.