Home » Pelajar SD Yos Sudarso III Batam Ikuti Imunisasi Tetanus Difteri

Pelajar SD Yos Sudarso III Batam Ikuti Imunisasi Tetanus Difteri

oleh

( Foto : siswa-siswi SD Yos Sudarso III Batam )

Batam, YTKNews id– Masa pandemi tidak serta merta membuat masyarakat melupakan pentingnya kesehatan bagi anak, termasuk pentingnya imunisasi untuk membentengi tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Dikutip dari laman promkes.kemkes.go.id, Imunisasi adalah suatu proses untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara memasukkan vaksin, yakni virus atau bakteri yang sudah dilemahkan, dibunuh, atau bagian-bagian dari bakteri (virus) tersebut telah dimodifikasi, yang tujuannya adalah agar mendapatkan imunitas atau kekebalan anak secara individu dan eradikasi atau pembasmian sesuatu penyakit dari penduduk sesuatu daerah atau negeri.

Meski dalam masa pandemi covid-19, siswa-siswi SD Yos Sudarso III Batam Kelas 2 dan 5 antusias mengikuti imunisasi Tetanus Difteri yang diberikan oleh petugas Puskesmas Tanjung Uncang, Batu Aji, Batam. Kamis (29/7/2021).

Kepala SD Yos Sudarso III, Marianus Sihotang mengatakan bahwa pelaksanaan imunisasi dimulai pukul 09.00 Wib dan berakhir puku 12.00 Wib dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) dimana orangtua siswa kelas 2 dan 5 mengantar anak-anaknya sesuai dengan jadwal agar tidak terjadi kerumunan di lokasi sekolah.

“Dan setelah selesai diimunisasi, maka siswa dan orangtuanya dipersilakan pulang ke rumah oleh guru-guru yang ikut berpartisipasi dalam proses imunisasi tersebut,” kata Marianus.

( Foto : siswa-siswi SD Yos Sudarso III Batam )

Marianus berharap agar program imunisasi anak yang telah diberikan dapat menjadikan masyarakat sehat, terutama pemberian vaksinasi covid-19 untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

“Semoga program imunisasi anak dan program vaksinasi covid-19 semakin membuat masyarakat sehat dan berakhirnya pandemi ini,” harapnya.

Ia mengatakan bahwa kedatangan anak-anak di sekolah saat imunisasi memberikan warna lain pada sekolah yang selama ini hanya terisi meja dan kursi tanpa siswa-siswi. Pandemi covid-19 yang telah membuat kelas menjadi sepi kini seolah menjadi ramai dengan suara anak-anak yang rindu ke sekolah bertemu guru dan teman-teman.

“Beberapa anak ada yang berkomentar bahwa mereka mau belajar di sekolah, mereka mengungkapkan bahwa lebih nyaman belajar di sekolah daripada di rumah,” ungkapnya.

“Semoga pandemi ini cepat berlalu agar anak-anak kembali ke sekolah seperti dulu,” kata Marianus.(JnP/YTKNews.id)

Reporter: Yohanes Don Bosco Sea, S.S

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.