Home » Tumbuhkan Minat Baca, TK Bernadeth Ajak Orang Tua Murid Bacakan Cerita Untuk Anak

Tumbuhkan Minat Baca, TK Bernadeth Ajak Orang Tua Murid Bacakan Cerita Untuk Anak

oleh admin
( Foto : TK Bernadeth Tanjungpinang )
Tanjungpinang, YTKNews.id– Memasuki tahun ajaran 2021-2022, Kepala Sekolah TK Bernadeth Tanjungpinang, Sarah Wahyuningsih mengajak para orang tua murid untuk membacakan cerita untuk anak-anak, Rabu (21/7/2021).
Sarah mengatakan bahwa membaca merupakan kegiatan yang banyak memberikan manfaat, dan dalam dunia pendidikan, kemauan membaca harus ditumbuhkan sejak dini, kalau perlu sejak masa kehamilan ibu sudah bisa membacakan cerita pada anaknya walaupun sang anak masih di dalam perut ibunya.
“Media bacaan kita dulu adalah buku, koran, majalah, dan banyak lagi yang berbahan kertas, tapi zaman sekarang orang membaca lebih banyak di komputer atau HP walaupun media berupa buku atau kertas belum sepenuhnya hilang,” kata Sarah.
( Foto : TK Bernadeth Tanjungpinang )
Ia mengungkapkan bahwa dalam kondisi normal tanpa pandemi, para guru biasanya memilih buku kemudian dibacakan untuk anak-anak di kelas.
“Biasanya anak-anak sangat senang dibacakan cerita, mereka penasaran juga untuk melihat isi buku yang berisi gambar-gambar yang menarik,” katanya.
Menurut Sarah, dengan membacakan cerita di kelas, guru dapat menilai apakah anak bisa berkonsentrasi dan fokus sampai cerita selesai, selain itu guru juga dapat menguji daya ingat anak dengan menanyakan isi cerita jika sudah selesai dibacakan.
“Anak-anak sendiri juga sudah bisa diajak memlilih karakter yang baik dan yang kurang baik,” ungkapnya.
Ia mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini supaya anak-anak tertarik pada buku bacaan dan mempunyai minat baca yang baik, sehingga tidak perlu menunggu anak-anak bisa membaca baru kemudian diperkenalkan pada buku.
( Foto : TK Bernadeth Tanjungpinang )
“Pada usia TK ini anak -anak belum diwajibkan untuk membaca seperti di SD, tetapi sudah sangat boleh diperkenalkan pada buku,” katanya.
Ia mengungkapkan bahwa dalam masa pandemi covid-19, orang tua murid datang ke sekolah seminggu sekali untuk mengantar buku kerja dan mengambil buku yang baru, pada saat itu guru mempersilakan orang tua untuk memlilih buku yang disediakan untuk dibawa pulang dan dibacakan kepada anak di rumah.
“Kesan orang tua pada kegiatan ini adalah anak-anak sangat senang, ada yang minta dibacakan kembali bukunya, dan saat pengambilan buku mereka meminjam kembali buku yang lain untuk dibacakan pada anak di rumah,” kata Sarah.(JnP/YTKNews.id)
Reporter : Ningsih

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.