Home » Pecahkan Rekor, Film Pendek ‘Titik Balik’ Besutan Club Cinematografi SMA Santo Yosef Raih Juara II FLS2N Tingkat Provinsi

Pecahkan Rekor, Film Pendek ‘Titik Balik’ Besutan Club Cinematografi SMA Santo Yosef Raih Juara II FLS2N Tingkat Provinsi

oleh admin
Pangkalpinang, YTKNews.id– Film pendek berjudul Titik Balik karya Club Cinematografi SMA Santo Yosef berhasil meraih Juara II dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Tahun 2021 dalam kategori Film Pendek.
Dengan mengirimkan dua perwakilan yaitu Angelica Josephin Darius dan Jose Emmanuel Haris, Club Cinematografi SMA Santo Yosef sukses memecahkan rekor setelah selama tiga tahun keikutsertaan dalam FLS2N Tingkat Provinsi Kep. Babel dalam kategori Film Pendek belum pernah masuk lima besar.
Angelica dan Jose berperan penting dalam pembuatan film, khususnya dalam pembuatan konsep cerita film yang terinspirasi dari kondisi Indonesia di masa pandemi, dimana banyak orang yang tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang dianjurkan oleh pemerintah.
 
Foto : Syuting Film Pendek
Dari konflik tersebut Angelica dan Jose kemudian mengembangkannya menjadi sebuah cerita yang diakhiri dengan resolusi atau penyelesaian yang mengandung nilai-nilai kehidupan.
Dikatakan Jose, ia dan Angelica telah mempersiapkan seluruh proses syuting agar berjalan dengan maksimal dari awal hingga akhir, mulai dari menyiapkan para pemain film dengan melakukan seleksi (casting), mengembangkan cerita dan menentukan lokasi syuting, serta penataan pencahayaan (lighting).
“Awalnya memang kami memerlukan cahaya yang terang untuk mengambil beberapa scene, contohnya scene si aktor datang ke kantor dan mengantri. Tetapi di beberapa scene, saya sebagai director merasa kurang mendapati mood untuk beberapa scene ketika diambil pada cahaya yang terang yaitu siang hari, jadi kami memutuskan untuk menunggu matahari tenggelam agar dapat mengambil gambar dengan mood yang pas untuk scene tertentu,” Kata Jose, Rabu (1/9/2021).
Ia mengaku sangat terkejut dan tidak menyangka akan mendapatkan peringkat II, apalagi selama ini SMA Santo Yosef belum pernah masuk 3 besar dalam FLS2N kategori Film Pendek.
 
Menurutnya hal ini tidak lepas dari bimbingan Bob Budiman, S.Pd. selaku pembina Club Cinematografi dan juga sekolah serta Yayasan Tunas Karya (YTK) yang berkontribusi dalam penyediaan alat-alat perlengkapan pembuatan film.
Foto : Syuting Film Pendek
 
“Semoga kemenangan ini membuka pintu gerbang untuk tahun depan SMA Santo Yosef bisa mendapat peringkat satu dan mewakili Provinsi Kep. Babel di kancah nasional,” harapnya.
 
“Jangan pernah takut untuk mencoba, jika tidak mencoba kita tidak pernah tahu hasilnya. Jangan pernah menyerah cuma karena satu masalah, setiap masalah pasti ada solusinya. Lakukan apapun itu dengan semaksimal mungkin, karena setiap pertandingan pasti ada yang kalah dan menang. Intinya kita harus bersyukur dengan hasil yang diperoleh dan terus belajar serta berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Terakhir tetap semangat dan terus berkarya demi memajukan SMA Santo Yosef,” pesan Angelica dan Jose.(JnP/YTKNews.id)
 
 
Film Pendek ‘Titik Balik’ bisa disaksikan di YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=UuF4wi_22Ho
Reporter : Alexia Dea

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.