Home » Luar Biasa, Dua Pelajar SMP Santo Yusuf Karimun Lolos KSN Tingkat Nasional

Luar Biasa, Dua Pelajar SMP Santo Yusuf Karimun Lolos KSN Tingkat Nasional

oleh

Karimun, YTKNews.id– Dua pelajar SMP Santo Yusuf Tanjung Balai Karimun ikut berpartisipasi meramaikan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tahun 2021 yang diadakan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknlogi (Kendikbud risterk) Republik Indonesia (RI) setelah berhasil menjadi juara di tingkat kabupaten dan provinsi.

KSN merupakan kompetisi yang bertujuan untuk meningkatkan semangat, menolak menyerah, terus meraih prestasi bagi para siswa, dan meningkatkan mutu pendidikan. KSN diharapkan mampu meningkatkan atmosfer kecintaan terhadap dunia sains sekaligus menanamkan suasana kompetitif, sportif, jujur, dan produktif walau di masa pandemi covid-19.

KSN tingkat SMP tahun 2021 dilaksanakan dalam jaringan (daring) menggunakan smartphone ataupun laptop guna mencegah penyebaran covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Meskipun dilaksanakan secara daring, KSN berjalan dengan lancar dan siswa-siswi tetap semangat dalam mengikutinya.

Kepala SMP Santo Yusuf, Theresia Sulastri mengatakan SMP Santo Yusuf mengikutsertakan beberapa siswa-siswi dari 3 bidang studi, diantaranya IPA, IPS, dan Matematika dalam KSN Tahun 2021.

“Sebelum mengikuti KSN, para guru memilih siswa-siswi yang mampu di bidangnya masing-masing dan siswa-siswi diberi pendampingan terlebih dahulu, pendampingan KSN dilaksanakan sejak bulan Juni 2021 setiap hari Sabtu,” kata Theresia, Sabtu (30/10/2021).

Ia mengatakan pada bulan September dilaksanakan KSN tingkat kabupaten, dari beberapa siswa-siswi yang mengikuti KSN, yang lolos pada tingkat Kabupaten ada 2 siswa, yaitu Valeksiano Sidjabat bidang IPS meraih juara 1, dan Christolen Lim bidang Matematika meraih juara 3.

“Kemudian kedua siswa tersebut mengikuti KSN tingkat provinsi pada bulan Oktober dan meraih juara. Sehingga saat ini kedua siswa tersebut akan mengikuti KSN tingkat nasional,” katanya.

Ia mengatakan dengan adanya KSN, sekolah lebih termotivasi untuk mempersiapkan dan mengembangkan para siswa di bidang IPA, IPS, dan Matematika. Hal tersebut menjadi dampak positif bagi sekolah dan lingkungan di luar sekolah, sehingga nantinya sekolah menjadi daya tarik tersendiri bagi calon siswa yang akan bergabung bersama Sekolah Santo Yusuf.

“Kami sangat mendukung anak-anak kami yang akan mengikuti KSN tingkat nasional. Semoga Valeksiano dan Christolen mampu mengukir prestasi di tingkat nasional, mereka telah mengharumkan nama sekolah,” kata Theresia.(JnP/YTKNews.id)

Reporter : Hendra

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.