Home » Meski Waktu Persiapan Terbatas, SD Paulus 1 Ikuti Akredritasi Sekolah

Meski Waktu Persiapan Terbatas, SD Paulus 1 Ikuti Akredritasi Sekolah

oleh

Pangkalpinang, YTKNews.id– SD Paulus 1 belum lama ini mengikuti proses akreditasi sekolah yang diselelnggarakan oleh Siang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M).

Kepala SD Paulus 1, Natalia Murwantini, mengatakan persiapan sekolah dalam mengikuti proses akreditasi terbilang singkat, yakni sekitar 2 minggu sejak pemberitahuan dari pihak Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang.

“Kami mendapat kabar itu Tanggal 4 Agustus, kemudian Tanggal 7 Agustus kami dapat surat dari BAN S/M bahwa SD Paulus 1 terpilih untuk ikut akreditasi,” kata Natalia, Jumat (15/10/2021).

“Kemudian pekan depannya kami mengikuti sosialisasi secara virtual bersama seluruh sekolah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kami diberikan waktu 2 minggu untuk menyiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk akreditasi,” katanya.

Ia mengatakan persiapan mengikuti akreditasi tidak menguras waktu dan tenaga sehingga para pendidik dan tenaga kependidikan tidak perlu lembur mempersiapkan segala sesuatunya, karena pihak SD Paulus telah menerapkan sistem pembelajaran dan administrasi yang baik guna mempersiapkan akreditasi sekolah.

Foto : Bersama Pengawas

“Yang membuat agak melelahkan itu karena baru pertama kalinya kita mengikuti akreditasi secara daring, dimana dokumen-dokumen harus kita upload terakhir pada tanggal 28 Agustus. Setelah proses upload dokumen, proses akreditasi dilanjutkan dengan kunjungan sekolah oleh asesor yang datang langsung ke sekolah maupun secara daring, untuk kunjungan secara daring dilaksanakan Tanggal 24-25 September kemarin,” katanya.

Natalia mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini masih menunggu hasil akreditasi yang akan diumumkan pada akhir Oktober 2021.

“Kita masih menunggu hasil pembuktian dokumen oleh badan akreditasi provinsi. Nanti direkap dulu, dan hasilnya akan diumumkan akhir Oktober ini,” kata Natalia.

Natalia mengatakan bahwa SD Paulus 1 mengantongi predikat Akreditasi A pada Tahun 2016 lalu. Dan untuk mempertahankannya ia mengaku sejak bergabung di SD Paulus 1 pada Tahun 2017 lalu, ia telah menerapkan tata kelola sekolah yang mendekati dengan kriteria-kriteria akreditasi sekolah, seperti administrasi-administrasi yang wajib ada di sekolah.

“Mempertahankan Akreditasi A itu sungguh luar biasa ya. Kita juga banyak terbantu oleh asesor-asesor yang baik, sehingga kita tidak terlalu tegang, dan kebersamaan guru-guru pun sangat tampak sekali, dengan saling membantu memberikan jawaban yang dibutuhkan untuk wawancara dan dokumen-dokumen yang diminta oleh tim asesor,” kata Natalia.(JnP/YTKNews.id)

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.