Home » Proyek Profil Pelajar Pancasila Sekolah Penggerak TK Santa Maria

Proyek Profil Pelajar Pancasila Sekolah Penggerak TK Santa Maria

oleh

Muntok, YTKNews.id– TK Santa Maria sebagai sekolah penggerak mengadakan Proyek Profil Pelajar Pancasila, dengan menggelar beberapa kegiatan yang melibatkan seluruh anak-anak TK Santa Maria.

Kegiatan pertama yang dilaksanakan adalah kunjungan ke kebun jagung yang terletak di SMP Santa Maria, Selasa (16/11/2021). Dalam kegiatan tersebut, anak-anak terlihat sangat senang dan bahagia karena merupakan kali pertama mereka berkujung dan mempelajari tanaman yang ada di sekitar kebun sekolah.

“Apakah hanya kebun jagung saja yang ada di sana?” tanya salah satu murid TK A, Aileen.

“Tidak, di sana banyak sekali tanaman yang bisa kita lihat, ada pohon kelapa, pohon jambu, ubi, dan banyak lagi,” jawab sang guru.

Tampak anak-anak sangat antusias dan gembira melihat beberapa tanaman yang ada di kebun. Begitupun anak-anak TK B yang berkunjung ke kebun jagung dan ikut memanen jagung yang sudah matang bersama guru-guru, mereka terlihat sangat gembira.

“Bu, apakah jagung ini sudah bisa dimakan langsung?’” tanya seorang anak TK B, Valerie.

“Belum anak-anak, kita harus mencuci dulu jagungnya lalu merebusnya, setelah itu kita bisa makan jagung tersebut,” kata Kepala Sekolah TK Santa Maria, Sumiyati.

Tidak hanya berkunjung ke kebun jagung saja, pada kegiatan selanjutnya yang digelar pada Jumat (19/11/2021), anak-anak diajak untuk menanam tanaman sayur di halaman kelas masing-masing.

Banyak jenis tanaman yang mereka tanam, seperti sayur tomat, bayam, dan sawi. Anak-anak terlihat sangat ceria saat mereka bisa ikut langsung menanam sayuran tersebut. Ibu guru pun membagikan bibit tanaman kepada anak-anak agar anak-anak bisa langsung memasukannya ke dalam polibag yang sudah di sediakan. Setelah itu ibu guru menganjurkan untuk anak-anak agar menyiram tanaman tersebut supaya tumbuh subur.

Setelah kegiatan menanam sayuran, anak-anak makan bersama Jagung Susu Keju (Jasuke) yang diolah oleh guru-guru dari hasil panen tersebut.

Ternyata anak-anak suka makan jasuke dan dengan lahap memakan jasuke tersebut.

“Bu apakah ini jagung yang sudah kita panen?” tanya anak-anak.

“Ya anak-anak, sebagian jagung ini adalah hasil yang sudah kita panen, lalu sekarang kita bisa memakannya bersama-sama,” jawab Guru TK Santa Maria, Restu.

Anak-anak pun sangat senang, bahkan banyak yang meminta nambah lagi jasukenya. Mereka sangat menikmati kegiatan proyek yang sudah dipersiapkan.

“Ternyata hal sederhana seperti inilah yang bisa membuat anak-anak tidak bosan belajar di kelas. Mereka juga bisa langsung ikut serta terjun ke lapangan melihat hasilnya,” kata Sumiyati.(JnP/YTKNews.id)

 

Reporter : Ivana Situmeang

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.