Home » Tagana Gelar Sosialisasi dan Simulasi di SMK Tunas Karya

Tagana Gelar Sosialisasi dan Simulasi di SMK Tunas Karya

oleh admin

Pangkalpinang, YTKNews.id– Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang dikoordinasi Dinas Sosial Kota Pangkalpinang menyelenggarakan sosialisasi dan simulasi penanganan bencana di SMK Tunas Karya yang diikuti oleh siswa kelas XI, bertempat di aula SMK Tunas Karya, Pangkalpinang, (3/11/2021).

Tagana adalah suatu organisasi atau gugus tugas berbasis masyarakat yang berorientasi di bidang kesejahteraan sosial untuk menangani penanggulangan bencana.

Bencana yang dimaksud adalah bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor. Bencana nonalam seperti kebakaran, kecelakaan angkutan massal. Bencana sosial seperti kerusuhan massa, tawuran.

Sesuai dengan namanya Taruna Siaga Bencana, maka anggota-anggota Tagana dituntut siap siaga menjalankan tugas sewaktu-waktu dibutuhkan dan dalam kondisi apapun. Bahkan tidak hanya saat terjadi bencana saja baru bertugas, tetapi dituntut juga kesiapan dalam kondisi prabencana dan pascabencana.

Kegiatan sosialisasi dan sinulasi dibuka secara resmi oleh Kepala SMK Tunas Karya, P. Suwarjo, S.Pd., dalam sambutannya mengajak siswa-siswi memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah wawasan dan membentuk diri sebagai siswa yang memiliki kepedulian terhadap sesama.

“Harapannya agar siswa-siswi memiliki wawasan tentang prinsip-prinsip penanganan bencana, cara menanggulangi korban bencana, dan dapur umum,” kata Suwarjo, Rabu (3/11/2021).

Dalamnkegiatan tersebut dilaksanakan juga simulasi penyelamatan saat terjadi bencana. Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan simulasi kebencanaan ini para peserta didik mampu bersikap dan berbuat tepat saat terjadi bencana, baik bagi sendiri maupun bagi orang lain.

Pada akhir acara dilakukan foto bersama dan pernyataan kebulatan tekad dengan meneriakkan yel-yel.(JnP/YTKNews.id)

Reporter : Lukas Parjiyo

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.