Home » OSIS SMP Santa Theresia Belajar Berwirausaha Melalui Nobar

OSIS SMP Santa Theresia Belajar Berwirausaha Melalui Nobar

oleh humas YTK

Pangkalpinang, YTKNews.id- Pada penutupan semester ganjil tahun 2021, Tim OSIS SMP Santa Theresia menggelar acara yang bertajuk Nonton Bareng (Nobar) yang diikuti para siswa-siswi SMP Santa Theresia yang sudah mengikuti pekan ujian akhir semester ganjil pada tanggal 9-10 Desember 2021.

Ketua OSIS SMP Santa Theresia, Lila mengatakan gagasan kegiatan ini muncul dari tim dan pembina OSIS, yang tujuannya untuk menghadirkan suasana rileks bagi peserta didik  berbagai jenjang setelah melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil.

Ia mengatakan persiapan kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 6/12/21, meliputi persiapan teknis yaitu pemilihan ruangan kelas VII A sampai E untuk dijadikan studio bioskop mini, kemudian pemanfaatan lembaran  plastik polybag lebar sebagai penutup jendela kelas, supaya terkesan ruangan kelas bisa cukup nyaman digunakan untuk ruang nonton.

“Tim juga merancang tiket kepada calon penonton yang hendak memesan. Mereka juga membuat daftar film serta mempersiapkan aneka minuman dan snack popcorn yang diolah di sekolah pada sore hari, sebelum kegiatan Nobar dilaksanakan,” kata Lila, Selasa (14/12/2021).

Ia mengungkapkan kegiatan Nobar yang berlangsung selama dua hari tersebut tetap memperhatikan prokes, panitia dan penonton wajib menggunakan masker, bangku penonton juga sudah diatur jaraknya, sehingga terhindar dari kontak fisik.

Lila mengatakan film-film yang ditayangkan cukup bervariasi, mulai dari komedi, fantasi, laga, hingga horor. Antusiasme siswa cukup baik, terlihat dari tiket yang terjual sebanyak 180 tiket. Dari hasil penjualan tiket tersebut nantinya akan digunakan oleh OSIS untuk acara Bakti Sosial yang akan dilaksanakan di semester depan.

Menurut Lila, tujuan dari gelaran acara tersebut bukan saja sebagai hiburan semata, tetapi juga untuk melatih Tim Osis untuk berwirausaha. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengisi waktu luang setelah kegiatan PAS selesai. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan yang bersifat rekreatif, edukatif, dan entrepreneurship.

“Para pengurus OSIS dapat belajar kewirausahaan melalui kegiatan ini. Mulai dari koordinasi tim, persiapan teknis, menghitung modal pengeluaran, menentukan harga jual tiket, dan keuntungan yang di peroleh,” katanya.

“Diharapkan melalui kegiatan sederhana ini, dapat berguna untuk perkembangan diri dan bermanfaat bagi sesama,” kata Lila.(JnP/YTKNews.id)

Penulis : Fransiskus Tri Subakti

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.