Home » Siswa SD Santa Maria Muntok, Menghayati Perjuangan Kemerdekaan di Puncak Menumbing

Siswa SD Santa Maria Muntok, Menghayati Perjuangan Kemerdekaan di Puncak Menumbing

oleh humas YTK

Muntok, YTKNews.id – “Ini semangat ku!” Begitulah teriakan penyemangat rombongan siswa kelas IV SD Santa Maria Muntok saat mendaki bukit Menumbing pada 26 Februari 2022. Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini merupakan satu program kurikulum paradigma baru yang disusun oleh SD favorit milik Yayasan Tunas Karya (YTK) di ujung barat pulau Bangka ini.

Kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas IV bersama staff pegawai, komite dan beberapa orang tua SD Santa Maria Muntok terlihat sangat menarik dan membakar semangat para peserta yang nampak kelelahan namun tetap bersemangat menuju puncak.

Tim beranggotakan guru pendamping dan siswa dibagi menjadi 5 regu untuk mendaki bukit setinggi 355 Meter dari permukaan laut itu. Setiap kelompok melewati 4 pos yang ditempati oleh guru-guru dan diberikan beberapa permainan seperti lomba yel-yel, menebak lagu wajib nasional, menyusun puzzle pahlawan nasional dan mempresentasikan teks proklamasi.

Di Puncak Menumbing, peserta didik juga berkesempatan belajar dan menyaksikan pameran audio visual tentang pengasingan Soekarno,Hatta dan para menteri kabinet pada masa mempertahankan kemerdekaan RI 1948-1949. Decak takjub dan semangat nasionalisme tak henti-hentinya diekspresikan oleh para peserta didik dan guru pembimbing.

Kepala SD Maria, Maria Susanti,S.Pd.SD berharap kegiatan ini dapat meningkatkan karakter pelajar Pancasila yakni kreatif dan bernalar kritis. Hal yang paling penting adalah dapat mencintai sejarah bangsa lewat Pesanggrahan Menumbing ini.

“Saya pastikan kegiatan kunjungan lapangan semacam ini akan rutin dilakukan sebagai program andalan SD Santa Maria Muntok guna mewujudkan sekolah yang terdepan dalam membentuk pembelajaran bermakna bagi peserta didik,” ujar Maria.

“Saya harap para pelajar bisa belajar mengenal alam, bersahabat dengan semesta, serta mempertebal rasa cinta tanah air. Kegiatan ini semoga bisa berlanjut di tempat bersejarah lainnya. Terima kasih atas dukungan orang tua sehingga acara bisa lancar,” kata Kepala Sekolah penggerak ini. nys

Reporter : Suwito Wu

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.