Home » Jennyfer Claudia, Siswi SMP Hilarius Parittiga Raih Juara II Bercerita Mandarin

Jennyfer Claudia, Siswi SMP Hilarius Parittiga Raih Juara II Bercerita Mandarin

oleh humas YTK

Parittiga, YTKNews.id – Perhelatan Saint Joseph Competition (SJC) 3.0 baru saja selesai pada hari Sabtu, 26 Februari 2022 di GOR SMA Santo Yosef Pangkalpinang. Namun, euforianya masih terasa di lingkungan Sekolah St Hilarius Parittiga. Pasalnya, Jennyfer Claudya, salah satu peserta yang ikut bertanding di ajang SJC berhasil menyabet juara II untuk kategori story telling Bahasa Mandarin.

Kepala SMP Hilarius, Dika Restyan Sari,S.Si mengatakan tahun ini sekolah berpartisipasi dengan mengirimkan empat peserta untuk dua kategori lomba, yaitu Maria Novi dan Fran Chella Ho untuk menyanyi solo serta Jennyfer Claudia dan Emerentiana  pada kategori story telling Bahasa Mandarin.

“Saya sangat mengapresiasi siswa-siswi yang telah berani ikut serta dalam kompetisi tersebut, baik yang menang maupun tidak. Saya berharap prestasi ini bisa terus ditingkatkan karena anak-anak mempunyai bakat yang luar biasa,” kata Dika, Selasa (01/03/22).

“Bakat anak yang sangat membanggakan bisa kita buktikan bahwa tanpa adanya guru Bahasa Mandarin pun, kita bisa berhasil dan meraih juara II. Semoga ke depannya, sekolah benar-benar mempunyai guru Mandarin supaya bisa memfasilitasi anak-anak yang ingin belajar Bahasa Mandarin,” tambah Dika.

Hermanus Nalar,S.S dan Haryono,S.Pd selaku guru pendamping mengatakan para siswa tersebut mulai berlatih kurang lebih selama 2 minggu dengan pendampingan. Pada proses latihan, siswa juga tampil di depan guru-guru supaya mendapatkan masukan yang membangun.

“Satu hal yang menjadi kendala kita selama proses latihan story telling Bahasa Mandarin adalah tidak ada mata pelajaran atau ekstrakurikuler tersebut di sekolah. Namun, Saya ingin hal itu justru  menjadi motivasi tersendiri bagi kita,” ungkap Hermanus.

Jennyfer yang berhasil meraih juara II itu pun mengatakan berbagai usaha ia lakukan dalam proses latihan, termasuk mendengarkan audio cara melafalkan Bahasa Mandarin yang tepat.

“Sebelum proses latihan, Saya berusaha menerjemahkan teks lewat internet, kemudian meminta bantuan juga dari guru Mandarin di luar sekolah untuk mengecek. Tak lupa juga mendengarkan audio cara melafalkan kosakata dengan tepat,” ujar Jennyfer.

Pembawa acara pada lomba tersebut, Silvia Febryca yang merupakan alumni SMP St Hilarius mengatakan bahwa penampilan Jennyfer sangat luar biasa. Banyak panitia di belakang panggung dan juri yang memuji pengucapan, intonasi, dan ekspresi Jennyfer.

“Setelah melihat hasil rekaman penampilan, Saya merasa bersyukur, lega, dan bangga. Jujur, Saya masih kurang puas. Tapi yang terpenting, Saya sudah berusaha menunjukkan yang terbaik. Terima kasih kepada pihak sekolah, guru pendamping, dan guru-guru lain yang telah banyak memberi dukungan kepada Saya,” tutur Jennyfer lagi. nys

Reporter: Haryono Arbie

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.