Home » Rafania Rafendo, Siswi SMP Yosef Belinyu Raih Juara 1 Lomba Bercerita Berbahasa Mandarin

Rafania Rafendo, Siswi SMP Yosef Belinyu Raih Juara 1 Lomba Bercerita Berbahasa Mandarin

oleh humas YTK

Belinyu, YTKNews.id – Rafania Rafendo, salah satu siswi yang duduk di kelas 9.2 SMP Santo Yosef Belinyu menuai prestasi membanggakan, kala mengikuti lomba story telling Bahasa Mandarin dalam ajang Saint Joseph Competition (SJC) yang diadakan 22-26 Februari 2022 di GOR SMA Santo Yosef Pangkalpinang.

Menjadi juara I dan membawa pulang piala kemenangan merupakan suatu kebanggaan bagi komunitas SMP yang berada satu komplek dengan TK dan SD Agnes tersebut.

Ditemui tim YTKNews di sekolah, Rafania mengaku bangga dan tidak menyangka bisa memenangkan perlombaan yang di gelar dan diikuti oleh peserta dari berbagai SMP se-Bangka tersebut. Baginya, para kompetitor sangat mumpuni dalam berbahasa Mandarin.

Ia mengaku sudah hobi berbahasa mandarin karena sang kakek merupakan seorang guru Bahasa Mandarin, dan keluarga di rumah juga rata-rata bisa berbahasa Mandarin. Sejak kecil, Rafania suka menonton film dan bermain game yang berbahasa Mandarin.

“Kami di rumah juga sering menggunakan Bahasa Mandarin dalam keseharian, kakek saya dulunya seorang laoshe, jadi Papa,Mama dan Koko juga bisa bicara dan mendengarkan Bahasa Mandarin,” tutur Rafania, Selasa (02/03/22).

Rafania sudah pandai berbicara dalam Bahasa Mandarin dan bisa membedakan logat Mandarin yang benar dan tidak. Ia mengaku tidak lagi gugup saat tampil di depan orang banyak bahkan saat  mencoba berbicara dengan orang asing dalam Bahasa Mandarin.

“Saya mengucapkan terima kasih sudah diberikan kepercayaan mengikuti lomba ini. Kata Mama, tidak perlu  gugup saat tampil di depan umum apalagi jika sudah menguasai bahasa tersebut,” kata siswa yang bercita-cita menjadi penerjemah Bahasa Mandarin tersebut.

Kepala SMP Yosef, Osner Naibaho,S.Pd mengaku bangga atas pencapaian muridnya tersebut.

“Saya bangga sekali atas prestasi yang di raih Rafania, anak tersebut berbakat sekali dalam Bahasa Mandarin. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi keluarga besar SMP Santo Yosef,” ujar Osner. nys

Reporter : N.Yuliasari

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.