Home » SD Regina Pacis Tanjung Pandan Ajak Peserta Didik Untuk Melibatkan Tuhan Dalam Hidup

SD Regina Pacis Tanjung Pandan Ajak Peserta Didik Untuk Melibatkan Tuhan Dalam Hidup

oleh humas YTK

Tanjungpandan, YTKNews.id – Jumat, 4 Maret 2022 merupakan hari yang tampak berbeda di SD Regina Pacis Tanjung Pandan. Ternyata siswa Kelas VI, guru dan pegawai mengikuti jalan salib dan dilanjutkan perayaan Ekaristi sebagai awal dari acara rekoleksi untuk peserta didik kelas akhir.

Jalan salib yang berdurasi satu jam tersebut mengundang antusias siswa untuk merenungi kisah sengsara Yesus dan dilanjutkan misa yang di pimpin oleh Romo Gunsales Kun.

Pada homili nya, Romo Gunsales berpesar agar peserta didik kelas VI lancar menjalankan ujian, dapat masuk ke jenjang yang lebih tinggi dan sukses dalam menggapai cita-cita.

Tema rekoleksi yang dipilih yakni mandiri, berkarakter dan sukses dalam mengapai cita-cita, tema yang mengajak peserta didik memiliki pribadi mandiri dalam mengambil keputusan dan bertindak, dengan menanamkan 10 nilai keutamaan Yayasan Tunas Karya (YTK) dalam hidup. Sehingga peserta didik menjadi insan yang berguna untuk keluarga, agama, bangsa dan negara.

Kegiatan rekoleksi di bagi menjadi 3 sesi, yang pertama peserta didik diajak untuk menggambar sesuatu yang mereka inginkan kemudian berdiskusi dengan teman-teman dan guru-guru di setiap kelompok, kemudian melihat hal-hal yang positif dari diri masing-masing.

Lalu, sesi kedua peserta didik di ajak mendengarkan materi yang diberikan oleh Suster Eufrasia tentang ada nya Tuhan dalam diri kita dan selalu mengikut sertakan Tuhan Allah dalam setiap langkah hidup kita. Bagaimana memantapkan diri dengan perumpamaan tentang anak hilang dan merefleksikan tentang karakter yang ada dan 10 keutamaan YTK.

Sesi terakhir diberikan oleh seorang guru SD yakni Dominikus Sudarto,S.Pd.SD untuk menonton film tumbuh kembangnya manusia dan perjuangan anak berkebutuhan khusus.

Maksud dan tujuan dari setiap sesi ingin menyadarkan peserta didik untuk tetap bersyukur dan tergerak hati nya agar setiap diri selalu bersyukur atas segala hal yang telah Tuhan berikan.

Lebih lanjut, kepala SD Regina Pacis, Siau Lie,S.Pd.SD juga memberikan kekuatan untuk peserta didik agar tetap menjadi anak-anak yang berguna bagi bangsa di kemudian hari, menjadi alumni SD Regina Pacis yang memberikan suka cita dan prestasi di jenjang berikutnya. nys

Reporter : Yosephine Aranxha Fahira

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.