Home » Siswa SD Santa Maria Muntok Berkunjung ke Klaster Eropa

Siswa SD Santa Maria Muntok Berkunjung ke Klaster Eropa

oleh humas YTK

Muntok, YTKNews.id – Melanjutkan program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, SD Santa Maria yang merupakan salah satu sekolah penggerak kembali mengajak para peserta didik mengunjungi tempat bersejarah di Muntok pada 5 Maret 2022.

Kota Muntok sebagai salah satu kota pusaka di Indonesia memiliki banyak bangunan bersejarah. Kelompok bangunan bersejarah ini dibagi menjadi tiga kawasan yakni klaster Eropa, Tionghoa, dan Melayu. Pada kesempatan kali ini,para siswa diajak mengunjungi kawasan klaster Eropa.

Kepala SD Santa Maria, Maria Susanti,S.Pd.SD mengatakan tujuan kegiatan ini agar siswa mengenal dan menghayati bahwa lingkungan tempat tinggal mereka di Muntok ini banyak sekali tempat bersejarah.

“Karena banyaknya bangunan bersejarah di kawasan ini, bangunan yang dikunjungi kami batasi cukup tiga saja. Yakni Pesanggrahan Banka Tin Winning (BTW), Gereja Santa Maria dan Rumah Pastoran, serta Gereja Bethesda,” ujar Maria.

Ketiga bangunan ini merupakan cagar budaya di Bangka Barat. Kunjungan tersebut mendapat dukungan dari orang tua. Walau sempat khawatir terkendala cuaca, namun kegiatan berjalan lancar. Perjalanan siswa juga didukung oleh mini bus milik Pastoran Santa Maria Muntok, mobil orang tua, kendaraan guru dan komite.

“Kegiatan ini akan diagendakan sebagai kegiatan andalan dan unik dari SD Santa Maria. Siswa belajar tidak hanya di ruang kelas, tetapi juga di lingkungan sekitar. Juga membuat pembelajaran tidak membosankan,” tambah Maria Susanti. nys

Reporter : Suwito Wu

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.